Kamis 14 Jul 2022 11:39 WIB

Jokowi Lantik 754 Perwira Lulusan Akmil, AAL, AAU, dan Akpol

Daftar peraih Adhi Makayasa, Rafi Naufal, Elang Triasti, Jeremia Zopi, Adira Rizki.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) melantik ratusan perwira lulusan Akmil, AAL, AAU, dan Akpol di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).
Foto: Antara/Setpres-Lukas
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) melantik ratusan perwira lulusan Akmil, AAL, AAU, dan Akpol di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri) tahun 2022 sekaligus melantik 754 perwira. "Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," ucap Jokowi membacakan sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Jokowi mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Baca: Dua Eks Ajudan Presiden Jokowi Promosi Berbarengan

Para perwira yang dilantik oleh Presiden Jokowi itu terdiri atas lulusan Akademi Militer (Akmil) sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 246 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 46/Polri Tahun 2022.

"Khusus TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Khusus Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tri Brata dan Catur Prasetya," kata Jokowi masih mendiktekan sumpah perwira.

Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Marsda M Tony Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) 2022 dari masing-masing akademi. Mereka adalah Letnan Dua (Letda) Rafi Naufal Arfiansyah (Akmil), Letda Pelaut Elang Triasti Fitrananda (AAL), Letda Penerbang Jeremia Zopi Pramudya (AAU), dan Inspektur Polisi Dua (Ipda) Adira Rizki Nugroho (Akpol).

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Terlihat pula Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abrurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca: Mayjen M Sabrar Fadhilah, Eks Ajudan Wapres Boediono Promosi Jadi Wagub Lemhannas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement