Kamis 14 Jul 2022 21:32 WIB

Epidemiolog: Penggunaan Masker Krusial di Dalam Ruangan dan Saat Berkumpul

Epidemiolog imbau masyarakat tetap pakai masker di dalam dan luar ruangan.

Red: Nora Azizah
Epidemiolog imbau masyarakat tetap pakai masker di dalam dan luar ruangan.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha/hp.
Epidemiolog imbau masyarakat tetap pakai masker di dalam dan luar ruangan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Bayu Satria Wiratama mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat kembali memakai masker di dalam maupun di luar ruangan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. "Dengan adanya tren sedikit peningkatan kasus saat ini, saya rasa sudah tepat imbauan untuk tetap menggunakan masker terutama di dalam ruangan," kata Bayu Satria melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis (14/7/2022).

Penggunaan masker, kata dia, sangat krusial saat berada di dalam ruangan yang ramai seperti sekolah, kantor, tempat ibadah, maupun transportasi publik karena pada lokasi-lokasi tersebut berisiko tinggi terjadinya penularan apabila terdapat orang yang terinfeksi COVID-19 di lokasi yang sama. Bayu menyebutkan, faktor utama kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi saat ini karena mobilitas masyarakat yang cukup tinggi. Namun, di sisi lain kebiasaan penggunaan masker menurun, terutama di dalam ruangan termasuk transportasi publik dan tempat ibadah.

Baca Juga

"Selain itu juga ditunjang dengan adanya beberapa masyarakat yang menganggap enteng gejala COVID-19 dan terkait juga dengan angka vaksinasi yang cenderung melambat, bahkan untuk dosis lengkap," kata dia.

Guna menekan kasus COVID-19, menurut Bayu, peningkatan angka vaksinasi dosis lengkap dan booster sangat penting karena infeksi COVID-19 tidak bisa dicegah dengan sempurna, namun tetap bisa mencegah keparahan yang ditimbulkan dengan vaksin. "Karena mencegah infeksi tidak bisa dengan vaksin saja tapi harus dengan 3M terutama masker. Vaksin lebih ke menurunkan risiko keparahan, sehingga harapannya kalaupun lalai dengan masker dan terinfeksi COVID-19 maka tidak sampai parah," ujar dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement