Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Energi Hijau Phapros Cetak Efisiensi 12, 9% Tiap Tahun

Jumat 15 Jul 2022 00:00 WIB

Rep: Vicky Rachman (swa.co.id)/ Red: Vicky Rachman (swa.co.id)

Foto : Istimewa

Foto : Istimewa

Foto: swa.co.id
Gojek dan GoTo Financial, bagian dari Grup GoTo, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), UN Women, dan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) untuk mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia melalui program ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya’  yang diwujudkan dalam rangkaian pelatihan yang dirancang berdasarkan tiga pilar edukasi:...

Gojek dan GoTo Financial, bagian dari Grup GoTo, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), UN Women, dan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) untuk mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia melalui program ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya’  yang diwujudkan dalam rangkaian pelatihan yang dirancang berdasarkan tiga pilar edukasi: pemahaman gender dalam wirausaha, perencanaan bisnis, dan pengembangan bisnis. 

Chief of Public Policy and Government Relations GoTo, Shinto Nugroho, mengungkapkan bahwa kolaborasi ini berangkat dari komitmen Grup GoTo dalam menghadirkan solusi melalui ekosistem digital yang inklusif dalam membuka akses seluas-luasnya bagi perempuan kepada peluang dan kesempatan yang ada dalam kewirausahaan digital. Khususnya selama pandemi, digitalisasi menjadi jawaban dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.  

“Kolaborasi ini  bertujuan untuk memberdayakan dan menguatkan peran perempuan, khususnya  dalam kewirausahaan digital. Kami percaya guna mencapai hal tersebut, diperlukan kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak. Lewat kolaborasi tersebut, kami ingin melihat lebih banyak lagi mencetak womenpreneur yang berjaya dan berdaya,” jelas Shinto.

Laporan Gender Global 2021 yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF), sebanyak 39% perempuan kehilangan pekerjaan atau penghasilannya selama pandemi. Seiring terjadinya pemulihan secara bertahap menuju kondisi pascapandemi, diharapkan perempuan Indonesia termasuk mereka yang terpaksa kehilangan pekerjaan atau penghasilan akibat dampak pandemi dapat meraih kesuksesan di bidang wirausaha digital.  

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengatakan berbagai isu perempuan khususnya dalam masa pemulihan pandemi COVID-19 merupakan isu yang kompleks dan multisektoral. Strategi penyelesaiannya pun tidak bisa dilakukan melalui satu pendekatan atau hanya melibatkan peran KemenPPPA saja, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan perhatian. 

"Kami berharap program kolaborasi penta-helix antara Pemerintah, swasta, organisasi, dan komunitas ini dapat menciptakan lebih banyak lagi pemimpin perempuan maju dan berdaya usahanya. Kami yakin program ini dapat menciptakan lebih banyak lagi womenpreneur berdaya dan berjaya, sehingga dapat menerobos stigma keterbatasan perempuan untuk berperan lebih, dalam keluarga, hal ini bisa menjadi kekuatan bagi kita semua untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan serta keluarga di masa depan,” ungkap Menteri PPPA.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan RI, saat ini 52% dari 63,9 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan. Untuk tingkat usaha kecil, 56% dari 193.000 usaha kecil pemiliknya adalah perempuan, dan untuk usaha menengah, 34% dari 44.700 pelaku usahanya adalah perempuan.

Di samping materi pelatihan wirausaha, seluruh peserta juga difasilitasi dengan berbagai solusi baik teknologi maupun non-teknologi dari ekosistem digital GoTo yang inklusif dan holistik, semisal dukungan teknologi untuk solusi pembayaran non-tunai dari aplikasi GoPay, Gobiz PLUS dan Midtrans. Juga menghilangkan proses manual untuk manajemen pesanan, pembukuan atau laporan keuangan, hingga manajemen karyawan dan pengiriman barang lewat Selly, Gobiz, Moka, dan Gokasir, serta mengoptimalkan pemasaran dengan GoFood, dan GoStore, serta solusi logistik lewat GoSend. 

Sementara itu dukungan non teknologi dihadirkan lewat berbagai wadah komunitas mulai dari kelas pelatihan yang dinamakan A Cup of Moka, Bincang Biznis, dan Temu Midtrans, serta Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG) sebagai wadah bertukar informasi.

“Riset UN Women terkait digitalisasi mengungkap bahwa platform digital menjadi salah satu strategi bertahan utama bagi perempuan pengusaha dalam menghadapi pandemi. Meskipun digitalisasi membuka banyak potensi untuk memajukan pemberdayaan perempuan, tetapi perempuan belum memanfaatkan teknologi secara optimal untuk pengembangan usahanya,” kata Dwi Faiz, Head of Programmes, UN Women Indonesia. 

Upaya pemberdayaan perempuan yang diwujudkan melalui program ini juga sejalan dengan komitmen Tiga Nol (Three Zeroes) Grup GoTo untuk tahun 2030, yaitu Nol Emisi Karbon (Zero Emissions), Nol Sampah (Zero Waste), dan Nol Hambatan (Zero Barriers).

RELX Internasional menggandeng Komerce dan Let’s Play Indonesia untuk membuat program RELX Academy,  wadah untuk mencetak generasi muda menjadi wirausaha. Kerja sama tersebut resmi dimulai pada 14 Juli 2022, dengan penandatanganan MoU yang dilakukan secara daring di Jakarta.

Menurut Yudhistira Eka Saputra selaku General Manager RELX Indonesia, RELX Academy akan menargetkan untuk mencetak 600 generasi muda menjadi wirausaha. Semangat ini, katanya, merupakan salah satu bentuk janji RELX untuk komunitas dan masyarakat yang berada di lingkungan bisnis RELX.

“Nantinya akan diadakan pelatihan dan pendidikan praktis bagi anak muda, meliputi keterampilan digital, kewirausahaan, dan keterampilan keuangan umum,” terang Yudhi.

Program yang sebelumnya dilaksanakan di Filipina ini, kini merambah ke Indonesia dengan menggandeng dua organisasi sekaligus yakni Komerce dan Let’s Play Indonesia. Komerce merupakan lembaga penyelenggara pelatihan dari Purbalingga, Jawa Tengah, yang rutin memberikan pelatihan untuk UMKM agar bisa menjual produknya di marketplace.

Pelatihan biasanya fokus pada dekorasi toko, layanan pelanggan melalui fitur chat, pemesanan, dan penanganan keluhan untuk mengoptimalkan fitur.

“Pelatihan tersebut dilakukan agar UMKM memiliki toko yang terpercaya sehingga mampu memenangkan persaingan yang ketat di pasar,” ucap Nofi Bayu Darmawan, CEO Komerce.

Seperti Komerce, Let's Play Indonesia juga merupakan penyedia pelatihan bagi UMKM, profesional muda, dan pemuda di Jawa Timur dan Bali yang telah aktif sejak tahun 2019. Keunikan Let's Play Indonesia adalah menyelenggarakan sesi pembelajaran berbasis game offline dan online.

“Kami percaya bahwa pembelajaran berbasis game adalah alat yang efektif untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 bagi orang dewasa muda di Indonesia. Untuk mempertajam pemikiran kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi generasi muda. Keterampilan ini sangat penting untuk kelangsungan hidup dalam lingkungan bisnis,” kata Arif Bawono Surya, Project Manager Let’s Play Indonesia.

RELX optimistis kolaborasi bersama Komerce dan Let's Play Indonesia akan membawa banyak dampak positif untuk komunitas lokal di Indonesia.

Swa.co.id

Jakarta, 30 Juni 2022 - Perkembangan transformasi digital menuntut industri perbankan untuk menyediakan produk dan layanan digital yang mudah, terjangkau, dan aman sehingga kehadiran bank secara fisik dapat dikatakan semakin kasat mata atau ‘invisible’. Bank DBS Indonesia menghadirkan This is DBS digibanking, layanan perbankan digital yang intuitif dan pintar bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Layanan ini mengusung misi pelaksanaan inovasi digital secara berkelanjutan guna mendukung nasabah untuk lebih menikmati hidup tanpa dirumitkan dengan urusan perbankan atau ‘Live more, Bank less’. Peluncuran This is DBS digibanking ini dihadiri oleh Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Erline Diani, Head of Sales and Distribution PT Bank DBS Festia Pisa Valensia, dan Head Sales of Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia Husin Hartono.

Menurut laporan Bain, Google, dan Temasek tahun 2021, disebutkan bahwa Indonesia berpeluang menjadi negara dengan perkembangan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara, di mana nilai transaksi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan akan mencapai US$124 miliar pada tahun 2025. Seiring dengan maraknya perkembangan ekosistem digital dan adopsi teknologi saat ini, Bank DBS Indonesia turut berperan aktif dalam mengakselerasi inklusif finansial dan juga literasi perbankan digital di tanah air.

CEO PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan, “Menjadi bank digital terdepan merupakan fokus dan komitmen kami untuk hadir dan melayani seluruh nasabah. This is DBS digibanking merupakan bukti kekuatan dan inovasi kami dalam memberikan layanan digital kepada nasabah ritel dan perusahaan agar nasabah kami dapat ‘Live more, Bank less’”. Lebih lanjut Paulus menjelaskan, “Pada prinsipnya, keunggulan This is DBS digibanking tercermin pada tiga hal, yaitu: 1) Memberikan pengalaman perbankan yang mudah, terjangkau, dan aman 2) Transaksi dan investasi yang intuitif dan pintar, serta 3) Tidak stres atau terbebani dengan urusan perbankan.”

Bank DBS Indonesia telah meluncurkan aplikasi digibank by DBS pada tahun 2017 dan kini telah bertransformasi menjadi full-fledged digital banking dengan beragam pilihan produk investasi yang mudah, fitur transaksi perbankan yang lengkap dan aman, serta proses pengajuan kartu kredit dan pinjaman yang cepat. Aplikasi digibank by DBS juga dilengkapi teknologi keamanan yang terdepan dengan menggunakan verifikasi biometrik untuk pembukaan rekening dan menggunakan soft token untuk keamanan bertransaksi.

Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Erline Diani mengungkapkan, “Melihat kebutuhan masyarakat saat ini, kami semakin bersemangat untuk memberikan pengalaman perbankan yang mudah, terjangkau, dan aman sesuai prinsip This is DBS digibanking. Saat ini, seluruh proses pembukaan rekening untuk tabungan, investasi, kartu kredit, maupun pinjaman sudah bisa dilakukan secara cepat, kapan saja, dan di mana saja. Selain itu, sejalan dengan upaya meningkatkan literasi keuangan, produk investasi digital dapat dibeli dengan penempatan awal mulai dari Rp 100.000. Kami percaya layanan perbankan yang intuitif dan pintar akan menjadi fitur unggulan yang akan menarik minat nasabah untuk memakai aplikasi digibank by DBS.”

Dalam mendukung nasabah DBS Treasures dan DBS Treasures Private Client untuk mengelola dan mengoptimalkan kekayaannya, transformasi digital juga kami lakukan secara internal untuk mendukung akurasi data dan kecepatan transaksi. Inisiatif di dalamnya mencakup Portfolio Advisory Enablement Tools, yaitu real-time online dashboard yang dapat menganalisis portofolio nasabah dengan cepat dan menghadirkan advisory yang unik untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan portfolio nasabah.  Selain itu, kami juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang independen dalam memberikan rekomendasi aset alokasi dan fund scoring yang dapat digunakan sebagai acuan yang transparan dan objektif. Selanjutnya adalah pengembangan sistem digimarket yang bertujuan mempersingkat proses transaksi obligasi hingga 67% (dari 1 jam ke 20 menit), sehingga interaksi Relationship Manager dan nasabah menjadi lebih efisien. Kami juga menghadirkan Smart Insights, notifikasi peluang tepat waktu berbasis data, sehingga sesuai dengan karakteristik dan aspirasi nasabah. Hal ini disampaikan melalui beragam media komunikasi berdasarkan preferensi mereka, seperti eNotes, In-App notification, ataupun email marketing.

Head of Sales and Distribution PT Bank DBS Indonesia Festia Pisa Valensia menjelaskan, “Kehadiran This is DBS digibanking memberikan manfaat bagi nasabah Treasures dan Treasures Private Client, tercermin dari tren revenue transaksi digimarket yang meningkat sebanyak 28% di paruh pertama 2022 dibandingkan dengan paruh pertama 2021. Hingga saat ini, pertumbuhan nasabah pengguna digibank by DBS pada produk wealth meningkat sebesar 240% untuk obligasi sejak diluncurkan pada tahun 2020 dan 65% untuk reksa dana yang diluncurkan pada tahun 2021.”

Bagi nasabah korporasi atau para pemilik bisnis (UKM), This is DBS digibanking menghadirkan fitur DBS IDEAL yang memudahkan proses pembayaran dan penerimaan dana serta konsolidasi laporan secara real time, pertukaran mata uang asing dan manajemen piutang tanpa perlu berganti sistem pembayaran. Selain DBS IDEAL, terdapat fitur DBS RAPID untuk membantu nasabah menjalankan bisnis tanpa hambatan dan DBS MAX QRIS yang mempermudah sistem penerimaan digital menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Bank DBS Indonesia juga turut berpartisipasi dalam program sistem pembayaran BI FAST tahap pertama oleh Bank Indonesia dalam mendukung inklusi keuangan dan digitalisasi di Indonesia.

Head Sales of Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia Husin Hartono mengungkapkan, “Beyond Banking dalam This is DBS digibanking adalah pengalaman digital yang dialami oleh nasabah sehingga urusan banking merupakan keseharian yang tertanam secara otomatis di dalam kegiatan mereka. Sesuai dengan prinsip Industry 4.0 di mana kunci penting digitalisasi adalah automatisasi, maka Bank DBS menghadirkan DBS RAPID dan DBS IDEAL sebagai sarana untuk mendukung automatisasi tersebut.”

Tidak hanya mengutamakan transformasi digital, DBS Group (Bank DBS) juga berkomitmen untuk menjadi Best Bank for A Better World, di mana Bank DBS memiliki tiga pilar keberlanjutan: Responsible banking, responsible business practice, dan creating social impact beyond banking. Berupaya mencapai net zero pada tahun 2050 atau lebih awal, Bank DBS berfokus pada penyelesaian permasalahan lingkungan dan sosial. Hal tersebut dilakukan dengan mengurangi penggunaan kertas dan jejak karbon, memberdayakan wirausaha sosial, dan kegiatan sosial di masyarakat. Selain itu, Bank DBS turut mendukung literasi finansial di Indonesia, dengan secara aktif melakukan rangkaian kegiatan edukasi seperti Walk the Talk, e-Talk Series dan Kedai Belajar, serta secara aktif menjadi advokat dari green financing.

Informasi selengkapnya tentang This is DBS digibanking silakan mengikuti akun Instagram @dbsbankid dan @digibankid.

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) melalui unit AXA Mandiri Syariah bekerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk (BSI) mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan dan kesehatan di tengah kasus COVID-19 yang kembali meningkat. Melalui webinar bertajuk ‘Tetap Aman dan Sehat, Kembali Sekolah Setelah Pandemi’, AXA Mandiri Syariah menghadirkan pakar kesehatan dan keuangan guna memberikan wawasan terkini dan komprehensif untuk membantu nasabah dan masyarakat menghadapi berbagai tantangan dalam pandemi ini dengan tetap menjaga kesehatan dan kesejahteraan.   

“Seiring dengan angka kasus harian baru COVID-19 yang sudah kembali menembus seribu kasus, kami menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan dengan menjalani protokol kesehatan. Sebagai penyedia jasa asuransi berbasis syariah, kami juga memiliki komitmen untuk memastikan nasabah kami dan masyarakat pada umumnya tetap terlindungi dari dampak pandemi yang berkepanjangan ini sesuai dengan prinsip syariah. Melalui penyampaian informasi berharga dari para pakar di bidangnya mengenai perkembangan di dunia kesehatan, termasuk cara terbaik melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan, kami harap kegiatan webinar ini membawa berkah bagi para peserta sekaligus dapat berkontribusi untuk meningkatkan tingkat literasi layanan keuangan syariah yang saat ini masih tergolong rendah,” kata Uke Giri Utama, Direktur AXA Mandiri.    

Webinar yang dihadiri oleh nasabah Bank Syariah Indonesia ini menghadirkan pembicara mulai dari pakar kesehatan Dr. Marlyn Cecilia M., Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak Mayapada Hospital Tangerang, Regional CEO Bank Syariah Indonesia Wisnu Sunandar, dan Direktur AXA Mandiri Uke Giri Utama. Salah satu topik utama dari webinar adalah cara menyikapi biaya perawatan medis yang selalu meningkat dimana, menurut data Mercer Marsh Benefits tahun 2019, Indonesia mencatatkan salah satu peningkatan biaya medis tertinggi di antara negara Asia lainnya dengan pertumbuhan sebesar 11%.

“Selain terus meningkatnya biaya parawatan medis dan COVID-19, masyarakat dihadapi juga dengan berbagai risiko kesehatan lainnya, termasuk penyakit tropis seperti demam berdarah serta Hepatitis pada anak. Disinilah manfaat asuransi kesehatan berbasis syariah dapat menjadi solusi bagi keluarga karena memberikan manfaat klaim rawat inap dan rawat jalan untuk berbagai penyakit yang tetap berlaku jika berada di beberapa negara selain Indonesia,” tambah Uke Giri Utama.

Salah satu contoh produk asuransi syariah yang ditawarkan AXA Mandiri Syariah adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah: Solusi Perlindungan Jiwa Syariah. Produk dari AXA Mandiri yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini menawarkan keunggulan berupa, antara lain, perlindungan jiwa sampai dengan usia 100 tahun, perlindungan asuransi dasar apabila meninggal dunia karena sebab apapun, maslahat tambahan meninggal dunia dan ketidakmampuan karena kecelakaan, serta santunan asuransi maksimal sesuai kebutuhan keluarga pemegang polis.

Selain memberikan perlindungan, keunggulan dari asuransi berbasis syariah adalah fitur Wakaf yang memberikan pemegang polis kesempatan untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan memiliki polis asuransi syariah, pemegang polis dapat menjadi Wakif tanpa perlu menyediakan dana Wakaf secara langsung dan hanya perlu melakukan kontribusi secara berkala. Fitur ini memudahkan nasabah untuk dijadikan ladang pahala sekaligus membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Mobilitas masyarakat kembali meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi pascapandemi. Hal tersebut membuat masyarakat, khususnya para investor harus kembali pada padatnya jadwal aktivitas mereka. Meningkatnya mobilitas tersebut tidak jarang membuat para investor kesulitan dalam membagi waktu untuk melakukan analisis mendalam tentang fundamental perusahaan untuk dijadikan pilihan investasi.

Untuk memudahkan investor dalam menganalisis saham, Ternak Uang meluncurkan fitur Saham Pilihan alias Stockpick ke dalam aplikasi. Stockpick bertujuan untuk membantu para investor yang mengalami kendala utama seperti tidak memiliki waktu intensif untuk mengamati pergerakan pasar secara harian dan memiliki waktu minim untuk melakukan analisis mendalam terhadap ratusan saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Saham yang masuk ke dalam Saham Pilihan Ternak Uang merupakan Investment Ideas yang diperoleh dari riset mendalam oleh analis saham Ternak Uang dengan potensi imbal hasil melebihi IHSG. Holding period adalah 3 bulan dan rebalancing akan dilakukan per bulan (jika ada potensi saham yang lebih baik),” kata Co-founder Ternak Uang Timothy Ronald.

Kriteria emiten saham yang dipilih dalam fitur Stockpick difokuskan pada saham yang memiliki potensi growth sustain dengan valuasi yang masih salah harga. Jadi, bukan hanya fokus pada saham yang valuasinya murah saja. "Untuk 1-3 bulan mendatang, kami lebih fokus pada emiten yang mendapatkan keuntungan dari reopening economy, defensive sector serta bisnis yang mulai bangkit setelah harga komoditas melandai secara bertahap," imbuhnya.

Fitur Stockpick juga ditujukan untuk memandu investor baru dan investor yang memiliki time horizon investasi selama 1-3 bulan. Sementara untuk sektor emiten yang masuk dalam kurasi fitur baru tersebut meliputi sektor Consumer, Banking, Energy, Infrastructure, dan Construction.

Timothy menyebutkan, ada tiga kelebihan yang dimiliki oleh fitur Stockpick, pertama, setiap saham yang ada di dalam Stockpick akan diperbaharui secara harian baik secara realtime market ataupun closing market. Kedua, setiap saham dalam Stockpick akan dilengkapi dengan ulasan fundamental komprehensif dan technical view yang diupdate harian. "Jika ada perubahan signifikan terhadap kondisi bisnis salah satu saham pilihan juga akan diinfokan," ujar Timothy.

Terakhir, setiap saham dalam Stockpick akan diberikan referensi area beli, harga wajar hingga risiko investasinya. Dengan begitu investor tidak hanya akan fokus pada reward saja, namun juga mengutamakan risk approachment.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) akan mendukung penyelenggaraan Indonesia Research and Innovation Expo (INARIE) 2022 pada Oktober mendatang, di Gedung Innovation Convention Center, Kawasan Sains dan Teknologi - Cibinong. Sebelumnya pagelaran ini bernamakan RITECH EXPO (Riset, Inovasi, dan Teknologi Expo) kemudian bertransformasi menjadi INARIE.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, mengatakan tujuan pageralan ini untuk menyatukan para periset, inovator, dan inventor dari berbagai institusi riset; termasuk mitra dan para pemangku kepentingan, untuk saling mempromosikan, melihat, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam membentuk masa depan riset dan inovasi di Indonesia dan dunia. Di acara ini pihaknya ingin mendorong berbagai pihak untuk melakukan kolaborasi agar bisa memperkuat ekosistem riset dan inovasi demi mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Di tahun 2022, pameran ini akan mengusung tema Digital, Green, & Blue Economy. Di ajang ini akan dipamerkan berbagai karya anak bangsa yang meliputi pangan dan pertanian, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, energi, material maju, hankam, kemaritiman, penanggulangan bencana, dan sosial budaya. Selain itu, INARIE 2022 akan menjadi kegiatan pameran dan edukasi publik luring pertama yang didukung oleh BRIN dan melibatkan masyarakat umum.

Sebagai informasi, INARIE merupakan bagian dari Presidensi G20 Indonesia 2022, di mana BRIN berperan sebagai pengampu kegiatan Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) dan Space 20. INARIE 2022 juga terkoneksi dengan ASEAN Startup Festival yang diikuti oleh start-up dari negara anggota ASEAN dan India.

“Tahun ini, melalui INARIE 2022, Indonesia mendapat peluang untuk membangun kerja sama internasional dalam membangun kapasitas inovasi, memfasilitasi transfer teknologi, dan mempromosikan teknologi sebagai penggerak utama pembangunan berkelanjutan,” tutur Handoko.

INARIE 2022 akan melibatkan lebih dari 50 peserta pameran (exhibitor), baik dari lembaga riset, pemerintah, kalangan bisnis/pengusaha, maupun komunitas. Kegiatan ini menargetkan total sekitar enam ribu pengunjung yang akan hadir, yang berasal dari pemerintah pusat/daerah/regional termasuk lembaga pemerintah, industri/komersial, stakeholder iptek dan inovasi, lembaga riset, UMKM, komunitas, pengguna akhir dan masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa, serta media massa.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Asuransi  kesehatan telah menjadi kebutuhan masyarakat mengingat risiko sakit bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Namun, faktor ekonomi kerap menjadi alasan masyarakat untuk menunda berasuransi padahal ketika sakit menyerang akan semakin sulit dalam menyediakan biaya yang besar dalam waktu singkat.

Latar belakang inilah yang membuat PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) berkolaborasi dengan Alodokter untuk meluncurkan asuransi Aloproteksi dengan premi terjangkau yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berasuransi.

Kolaborasi tersebut juga melibatkan Carmati Protect. Dengan begitu konsumen akan mendapatkan keamanan proses layanan nasabah dan kemudahan proses pembayaran premi.Dari sisi Sequis, kerja sama strategis ini adalah wujud dari misi Sequis bagi para nasabah, yakni menyediakan produk asuransi berkualitas,” ujar Head of Health Strategic Business Unit Sequis Mitchell Nathaniel.

Mitchell menuturkan, kolaborasi diantara ketiganya menjadikan Sequis sebagai perusahaan yang mampu melakukan transformasi produk dan layanan, yakni mampu melakukan percepatan dan efisiensi proses kerja under writing dan klaim. Hal tersebut bisa terjadi berkat penggunaan big data dan target komunikasi dengan paparan yang lebih luas.

Pihaknya optimistis Aloproteksi dapat diterima oleh pasar sebab produk tersebut telah disesuaikan dengan profil masyarakat di era digital dan telah melalui proses penggaketorian berdasarkan gaya hidup, kemungkinan risiko, dan jumlah pembayaran premi. Produk dengan limit total pertanggungan hingga Rp100 juta per tahun ini juga dikatakan memililiki manfaat rawat jalan juga rawat inap untuk penyakit biasa, penyakit berat, dan penyakit kritis hingga maksimal 365 hari per tahun. Selain itu, produk tersebut dilengkapi dengan layanan konsultasi chat dengan dokter umum dan dokter spesialis, serta bisa mendapatkan obat dengan layanan antar ke rumah setelah resep diterima dan ditebus.

“Dari pengalaman kami sebagai broker yang sukses mendistribusikan jutaan produk asuransi sejak awal tahun 2022, membuka akses produk asuransi lewat kanal digital seperti smartphone app adalah cara paling efektif untuk mencapai misi meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia,” ujar Vice President of Insurance Cermati Protect, Juanri menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Meski baru diperkenalkan di dibelahan dunia sana, Honda telah meluncurkan All New Honda CR-V generasi ke-enam, SUV ini sukses di jajaran produk Honda, termasuk di Indonesia. CR-V terbaru yang diluncurkan di  di Amerika Serikat tersebut hadir dengan dua varian mesin yaitu; mesin turbo dan HEV (Hybrid Electric Vehicle). All New Honda CR-V kini hadir makin mewah, cita rasa berkendara yang makin menyenangkan dan lebih bertenaga.  

Khusus untuk All New Honda CR-V varian HEV akan mulai diproduksi dan dijual pada musim gugur tahun 2022 ini. Varian SUV listrik  ini diharapkan akan berkontribusi sebesar 50% dari total penjualan generasi terbaru All New Honda CR-V ini.

All New Honda CR-V generasi keenam hadir dengan teknologi serta fitur baru seperti; Retuned Real Time All-Wheel Drive with Intelligent Control, Hill Descent Control, Snow driving mode, next gen front airbags, new standard knee and rear passenger side-impact airbags, Honda Sensing yang hadir dengan new wide-view camera and radar, new Traffic Jam Assist (TJA), Low-Speed Braking Control serta Traffic Sign Recognition system (TSR). 

Sementara itu untuk segi kenyamanan, All New Honda CR-V generasi keenam mempunyai kapasitas ruang kabin serta ruang kargo yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Sistem audio new 7-inch touchscreen  (untuk varian EX & EX-L)dan   untuk varian HEV  menggunakan 9-inch touchscreen audio system, wireless Apple CarPlay & Android Auto, Qi-compatible 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system. 

All New Honda CR-V generasi keenam ditawarkan dalam empat varian yaitu EX, EX-L, Sport dan Sport Touring. Untuk varian All New CR-V tipe EX dan EX-L menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter turbocharged 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara itu untuk  tipe Sport dan Sport Touring menggunakan mesin berkapasitas 2.0 liter 4 silinder segaris dipadu dengan dua motor sistem hybrid (two motor hybrid system) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 204 HP.

Selain itu, mobil menghadirkan pilihan mode berkendara; ECON, Normal dan Snow untuk tipe EX & EX-L kemudian ECON, Normal, Snow dan Sport untuk tipe Sport dan Sport Touring.

Mike Kistemaker, Assistant Vice President of Honda Sales at American Honda Motor mengatakan, CRV merupakan  model SUV dengan penjualan terbaik selama kurun waktu 25 tahun ini. Honda CR-V telah memainkan peranan penting bagi Honda di Amerika. “Kini pada Honda CR-V generasi keenam ini, kami juga berharap model ini kembali memainkan peranan penting dimana untuk varian HEV diharapkan dapat menyumbang 50% dari total penjualan model in,” katanya.

All New Honda CR-V generasi keenam diproduksi di the East Liberty Auto Plant di Ohio, the Indiana Auto Plant, serta Honda of Canada Mfg., Honda mulai memproduksi Honda CR-V di Amerika Utara pada 2006 lalu.  Hingga kini CR-V telah  terjual  lebih dari lima juta unit di negara tersebut.. All New Honda CR-V generasi keenam akan mulai dijual di Amerika Serikat pada musim panas tahun 2022 ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Energi hijau merupakan sumber energi yang berasal dari bahan-bahan yang relatif aman dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Directory Journal of Economic menyebutkan energi hijau adalah energi bersih yang tidak mencemari atau menambah polutan di atmosfer.

PT Phapros Tbk menjadikan program green energy sebagai salah satu kebijakan dan standar produksinya. Emiten farmasi ini mengoptimalkan teknologi untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai unsur ekonomi hijau. Phapros berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 790 ton per tahun dan meningkatkan efisiensi perusahaan sebesar 12,9% per tahun

Hadi Kardoko, Direktur Utama Phapros menjelaskan, saat ini tingkat emisi karbon secara global sudah sangat tinggi sehingga mendorong negara-negara yang tahun lalu menggelar Konferensi Perubahan Iklim (COP 26) berkomitmen untuk menurunkan sampai level nol karbon (net zero carbon). Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan sektor industri berupaya untuk terus mencapai target tersebut hingga tahun 2060.

Perseroan berupaya mewujudkan target tersebut melalui program-program yang sudah menjadi komitmen perusahaan dalam mengusung konsep green energy. Salah satunya adalah mengonversi energi BBM solar ke CNG (Compressed Natural Gas) yang didukung dengan penggunaan Green Chiller Hydrokarbon dan panel solar. Hasilnya, Phapros berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 790 ton per tahun,” tutur Hadi di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Energi hijau tak hanya terakit upaya mengurangi karbon dioksida saja, namun juga tentang sumber daya air yang harus dihemat agar tidak terjadi pemborosan untuk produksi. Hadi, dalam keterangan tertulisnya ini, menjabarkan Phapros berkomitmen menurunkan konsumsi penggunaan air dengan memanfaatkan teknologi washing steriline pada fasilitas produksi produk injeksi Phapros. “Kami melakukan modifikasi pada mesin-mesin tersebut sehingga berhasil menurunkan konsumsi air hingga 50% atau 225 ribu liter per tahun,” ungkap Hadi

Phapros juga memanfaatkan generator N2 dan O2 untuk mereduksi penggunaan sampah (waste) tabung gas.“Secara umum, komitmen kami untuk energi hijau ini telah meningkatkan efisiensi perusahaan sebesar 12,9% per tahun.  Tentu ini merupakan suatu hal yang sangat positif bagi sebuah perusahaan farmasi yang identik dengan polusi karbon dalam kegiatan manufakturnya. Sebagai bukti komitmen Phapros atas green business dan sustainability, kami berhasil memperoleh PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebanyak 8 kali sejak 2012 – 2020,” kata Hadi menjelaskan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 mencantumkan pembangunan rendah karbon dan ketahanan iklim telah menjadi agenda prioritas nasional dalam kegiatan pembangunan di Indonesia. Pemerintah telah menyampaikan komitmennya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dalam kurun waktu tersebut.“Phapros ingin membantu pemerintah mencapai target tersebut. Dan apa yang telah Phapros upayakan saat ini bukanlah titik akhir. Kami akan terus berinovasi dalam mengurangi emisi gas karbon pada proses produksi sehingga nantinya dalam jangka panjang kita bisa berkontribusi terhadap perbaikan iklim dunia,” kata Hadi.

Swa.co.id

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile