Jumat 15 Jul 2022 14:53 WIB

Netflix Gandeng Microsoft Dukung Layanan dengan Iklan

Microsoft juga dilaporkan ingin menghadirkan iklan ke game Xbox.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Netflix
Foto: EPA
Netflix

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Netflix bekerja sama dengan Microsoft mendukung layanan streaming dengan iklan. Perusahaan mengatakan Microsoft akan menjadi teknologi periklanan global dan mitra penjualan setelah meluncurkan opsi yang lebih murah.

“Ini masih sangat awal dan kami memiliki banyak hal yang harus diselesaikan. Namun, tujuan jangka panjang kami jelas, membuat banyak pilihan bagi konsumen dan pengalaman TV premium lebih baik. Kami senang bekerja sama dengan Microsoft untuk menghidupkan layanan baru ini,” kata COO Netflix Greg Peters.

Baca Juga

Dalam sebuah postingan di blog Microsoft, perusahaan mengatakan pemasar akan bekerja dengan Microsoft untuk membawa iklan ke Netflix. “Pengumuman ini juga mendukung pendekatan Microsoft terhadap privasi yang dibangun untuk melindungi informasi pelanggan,” kata presiden pengalaman web Microsoft, Mikhail Parakhin.

Di luar Netflix, Microsoft juga dilaporkan ingin menghadirkan iklan ke game Xbox yang dapat dimainkan secara gratis. The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan, berdasarkan sumber anonim, Netflix memilih Microsoft menjadi mitra karena dua alasan. Yakni, Microsoft tidak memiliki layanan video sendiri yang bersaing dengan Netflix dan pada akhir tahun lalu, Microsoft mengakuisisi Xandr dari AT&T saat telekomunikasi membongkar tumpukan medianya.

Dilansir The Verge, Jumat (15/7/2022), Netflix pertama kali mengisyaratkan tingkat yang lebih murah dan didukung iklan pada Mei. Kemudian perusahaan mengonfirmasi rencana itu pada Juni. Meskipun Netflix belum mengumumkan tanggal resmi peluncuran, dikabarkan akan tersedia untuk pelanggan pada akhir tahun ini.

Kabar tentang tingkat dukungan iklan Netflix muncul setelah perusahaan mengungkapkan penurunan pelanggan untuk pertama kalinya dalam satu dekade kuartal terakhir yang mencapai 222 juta secara global. Perusahaan juga mengeksplorasi streaming langsung dan beragam cara untuk menekan berbagi kata sandi guna membantu mengurangi penurunan pelanggan dan pendapatan.

Memilih Microsoft sebagai mitra Netflix memang terlihat dari hubungan dekat mereka. Versi pertama Watch Instantly yang sebagian besar streaming B-movies menggunakan teknologi Silverlight Microsoft untuk mengirimkan video dan Xbox 360 adalah konsol pertama dengan aplikasi streaming HD Netflix.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement