Sabtu 16 Jul 2022 00:55 WIB

Pos Lansia Binaan Rumah Zakat Ikuti Seleksi Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi

Pos Lansia ini telah berhasil memberdayakan warga masyarakat lanjut usia

Red: Gita Amanda
Pos Lansia Husnul Khotimah binaan Rumah Zakat yang berada di Padukuhan Jetis Kulon, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu menjadi perwakilan Kabupaten Gunungkidul mengikuti seleksi lomba Pilar-Pilar Sosial Berprestasi tingkat Provinsi DIY.
Foto: Rumah Zakat
Pos Lansia Husnul Khotimah binaan Rumah Zakat yang berada di Padukuhan Jetis Kulon, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu menjadi perwakilan Kabupaten Gunungkidul mengikuti seleksi lomba Pilar-Pilar Sosial Berprestasi tingkat Provinsi DIY.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Pos Lansia Husnul Khotimah binaan Rumah Zakat yang berada di Padukuhan Jetis Kulon, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu menjadi perwakilan Kabupaten Gunungkidul mengikuti seleksi lomba Pilar-Pilar Sosial Berprestasi tingkat Provinsi DIY.  LKS Pos Lansia ini telah berhasil memberdayakan warga masyarakat lanjut usia untuk berbagai program kegiatan sosial. 

Hal ini diungkapkan oleh Ketua LKS Pos Lansia Husnul Khotimah Ratno Sungkowo yang juga Relawan Rumah Zakat Desa Pacarejo. Dia berujar bahwa program-program tersebut antara lain bidang kesehatan seperti olahraga senam pagi dan pos pelayanan kesehatan keliling dengan mendatangi empat padukuhan yang ada di Kalurahan Pancarejo.

“Selain itu juga bidang pertanian dan peternakan yakni layanan kebun gizi, budidaya ikan, dan yang terbaru sedang merintis madu lanceng,” kata Ratno usai kegiatan penilaian yang dilakukan oleh Tim LKS DIY, Kamis (14/7/2022).

Menurut Ratno dalam hal pemberdayaan, para anggota LKS Pos Lansia Husnul Khotimah diberi tanggung jawab untuk merawat dan menjaga kebun gizi dan budidaya ikan. Hasilnya akan dinikmati bersama ketika nantinya panen. Uniknya lagi para lansia juga diajak untuk mengaji bersama rutin setiap hari Jumat.

Sementara itu Ketua tim penilai seleksi LKS DIY Sulistiyo menuturkan bahwa merupakan prestasi membanggakan dapat mewakili daerah untuk maju ke tingkat provinsi dan harapannya bisa maju ke tingkat nasional.

“Melihat simbah-simbah yang masih semangat dan enerjik seperti ini saya terharu dan turut bahagia,” ucapnya.

Turut hadir membersamai para simbah dalam visitasi tim seleksi tingkat provinsi, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto memberikan mengapresiasi Rumah Zakat yang selama ini mendampingi program pemberdayaan lansia di Pos Lansia Husnul Khotimah.

"Kami juga sangat mengapresiasi kepada salah satu lembaga sosial Rumah Zakat yang dari awal sampai sekarang setia mendampingi para simbah melalui LKS Pos Lansia Husnul Khotimah ini, kami sangat bangga melihat para simbah tetap masih produktif dan semangat mengikuti berbagai kegiatan," kata Heri Susanto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement