Ahad 17 Jul 2022 07:01 WIB

Sejarah Hari Ini: Disneyland Pertama Kali Dibuka

Disneyland menampung lebih dari 14 juta pengunjung per tahun.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Seorang anggota staf membersihkan poster untuk mencegah penyebaran coronavirus baru, di Disneyland Hong Kong pada hari Rabu, 17 Juni 2020, sehari sebelum taman hiburan dibuka kembali setelah hampir empat bulan penutupan karena pandemi coronavirus. Pada 17 Juli 1955, Disneyland dibuka untuk pertama kalinya di dunia.
Foto: AP/Kin Cheung
Seorang anggota staf membersihkan poster untuk mencegah penyebaran coronavirus baru, di Disneyland Hong Kong pada hari Rabu, 17 Juni 2020, sehari sebelum taman hiburan dibuka kembali setelah hampir empat bulan penutupan karena pandemi coronavirus. Pada 17 Juli 1955, Disneyland dibuka untuk pertama kalinya di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Pada 17 Juli 1955, Disneyland dibuka untuk pertama kalinya di dunia. Disneyland merupakan wahana metropolis fantasi dan futurisme yang dibangun sosok Walt Disney.

Taman hiburan senilai 17 juta dolar AS ini dibangun di atas lahan seluas 160 hektare bekas kebun jeruk di Anaheim, California. Disneyland dengan cepat mendatangkan keuntungan yang mengejutkan. 

Baca Juga

Seperti dilansir History, Ahad (17/7/2022), saat itu Disneyland menampung lebih dari 14 juta pengunjung per tahun dengan masukan hampir tiga miliar dolar AS. Dalam sejarahnya, pada awal 1950-an, Walt Disney mulai merancang taman hiburan besar yang akan dibangun di dekat Los Angeles. 

Ia bermaksud menjadikan Disneyland dengan tujuan memiliki nilai pendidikan dan hiburan serta menghibur orang dewasa dan anak-anak mereka. Tanah dibeli dari komunitas pertanian Anaheim, sekitar 25 mil tenggara Los Angeles dan konstruksi dimulai pada 1954.

Setelah pembangunan satu dekade Disneyland, pada 1965, pekerjaan baru dimulai di taman hiburan dan resor Disney yang lebih besar di dekat Orlando, Florida. Walt Disney kemudian meninggal pada 1966. Walt Disney World dibuka untuk menghormatinya pada 1 Oktober 1971.

Epcot Center, Disney-MGM Studios, dan Animal Kingdom kemudian ditambahkan ke Walt Disney World, dan tetap menjadi objek wisata utama Florida. Pada 1983, Disneyland Tokyo dibuka di Jepang. Pada 1992, Disneyland Paris atau Euro Disney dibuka dengan reaksi beragam di Marne-la-Vallee. Sementara Disneyland di Hong Kong membuka pintunya untuk umum pada September 2005.

Walt Disney lahir di Chicago pada 1901. Ia bekerja sebagai seniman komersial sebelum mendirikan studio kecil di Los Angeles untuk memproduksi kartun animasi. Pada 1928, film pendeknya Steamboat Willy yang dibintangi karakter Mickey Mouse merupakan salah satu animasi sensasi nasional. Mickey adalah film animasi pertama yang menggunakan suara.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَقَالُوْا لِاِخْوَانِهِمْ اِذَا ضَرَبُوْا فِى الْاَرْضِ اَوْ كَانُوْا غُزًّى لَّوْ كَانُوْا عِنْدَنَا مَا مَاتُوْا وَمَا قُتِلُوْاۚ لِيَجْعَلَ اللّٰهُ ذٰلِكَ حَسْرَةً فِيْ قُلُوْبِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ يُحْيٖ وَيُمِيْتُ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu seperti orang-orang kafir yang mengatakan kepada saudara-saudaranya apabila mereka mengadakan perjalanan di bumi atau berperang, “Sekiranya mereka tetap bersama kita, tentulah mereka tidak mati dan tidak terbunuh.” (Dengan perkataan) yang demikian itu, karena Allah hendak menimbulkan rasa penyesalan di hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan, dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Ali 'Imran ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement