Ahad 17 Jul 2022 14:30 WIB

Conte Berencana Jadikan Lucas Moura Sebagai Bek Sayap di Spurs

Moura terbiasa beroperasi di lini depan, sebagai winger maupun second striker.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
 Penyerang Tottenham Hotspur, Lucas Moura. Pelatih Tottenham Antonio Conte akan mengubah posisi Moura menjadi bek sayap pada musim depan.
Foto: Daniel Leal Olivas/Pool via AP
Penyerang Tottenham Hotspur, Lucas Moura. Pelatih Tottenham Antonio Conte akan mengubah posisi Moura menjadi bek sayap pada musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUWON -- Antonio Conte ingin meningkatkan peran Lucas Moura di Tottenham Hotspur. Ia berencana menjadikan pemain asal Brasil itu sebagai seorang bek sayap.

Moura terbiasa beroperasi di lini depan. Baik itu sebagai winger maupun second striker. Kini ia berpotensi mempelajari tugas tambahan.

Baca Juga

Conte selalu 'memaksakan' formasi 3-5-2 di setiap tim yang ia latih. Baik itu di Juventus, Chelsea FC, tim nasional Italia, Inter Milan, dan kini Spurs. Situasi demikian membuat sang arsitek tim sering mengubah seorang winger, menjadi pemain yang wajib naik turun membantu pertahanan.

The Lilywhites dalam persiapan jelang musim 2022/2023. Tottenham menjalani tur pramusim di Korea Selatan. Di Negeri Ginseng, klub Inggris ini tak sekadar berlatih.

Spurs juga melakukan serangkaian laga uji coba. Teranyar, Harry Kane dan rekan-rekan bermain imbang 1-1 dengan Sevilla di Suwon World Cup Stadium, Sabtu (17/7/2022). Usai pertandingan tersebut, Conte membeberkan rencananya terkait Moura.

"Di masa lalu, hal yang sama juga terjadi dengan Perisic, Moses, dan Candreva. Mereka pemain sayap, menjadi bek sayap," kata juru taktik yang pada akhir bulan ini, berusia 53 tahun, dikutip dari Football Italia, Ahad (17/7/2022).

Menurut Conte, Moura memiliki kualitas teknis mumpuni. Ia siap memaksimalkan potensi eks Paris Saint-Germain itu. Mengenai peluang berganti peran, itu juga bergantung pada komitmen sang pemain.

"Yang paling penting pemain harus 100 persen yakin untuk melakukannya. Moura bisa bermain di banyak peran, baik itu di belakang striker, di kiri, kanan, juga sebagai bek sayap," ujar Conte menambahkan.

Pada musim 2019/2020, pelatih asal Italia ini pernah meragukan komitmen Ivan Perisic. Saat itu keduanya bekerja sama di Inter. Conte lantas meminjamkan pria Kroasia itu ke Bayer Muenchen.

Perisic kembali dengan mentalitas berbeda. Terbukti ia menjadi salah satu sosok penting yang membawa La Beneamata meraih scudetto Serie A Liga Italia di era Conte pada musim 2020/2021. Ia tak tergantikan di posisi bek sayap kiri.

Selama periode tersebut, ia mencetak lima gol dan menyumbang lima assists di pentas Serie A. Conte juga melakukan hal serupa pada Antonio Candreva dan Victor Moses.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement