Ahad 17 Jul 2022 16:28 WIB

Update Google Maps Tawarkan Rute Paling Hemat Energi Berdasarkan Jenis Mobil

Google Maps ingin membawa pengguna ke tujuan secepat dan sehemat mungkin.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps.
Foto: Pexels
Google Maps.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Maps saat ini berusaha menawarkan rute tercepat ke tujuan Anda. Namun dalam waktu dekat, sepertinya pengemudi juga akan ditawari rute paling hemat energi, berdasarkan jenis mobil yang mereka miliki.

Fitur seperti itu memungkinkan lebih banyak lalu lintas stop-start di mobil hibrida atau listrik, tetapi lebih memilih untuk memasukkan lebih banyak jelajah jalan raya jika kendaraan menggunakan pembakaran internal.

Baca Juga

Fitur yang akan datang ini ditemukan selama pembongkaran aplikasi Google Maps oleh 9to5Google. Pembaruan masih akan bertujuan untuk membawa Anda ke tujuan secepat mungkin, tetapi juga dengan mempertimbangkan efisiensi energi.

Dilansir dari T3, Ahad (17/7/2022), jika rute yang lebih langsung tetapi padat membawa Anda ke sana secepat perjalanan yang lebih lama di jalan raya, aplikasi mungkin menyarankan pengemudi listrik dan hibrida untuk mengambilnya. Sebab, kendaraan ini berkinerja terbaik pada kecepatan lebih rendah, dan kurang terpengaruh oleh lalu lintas stop-start daripada kendaraan pembakaran internal.

Demikian pula, masuk akal jika mobil bensin atau diesel mengambil jalan raya dan menghindari menambah polusi lebih lanjut ke pusat kota yang padat.

Pembongkaran dilakukan pada pembaruan beta terbaru untuk Google Maps, versi 11.39. Aplikasi ini berjanji untuk “menghemat bahan bakar atau energi paling banyak” dengan memilih rute yang paling tepat.

Teks yang ditemukan di aplikasi mengatakan: Baru! Dapatkan rute hemat bahan bakar yang disesuaikan dengan jenis mesin kendaraan Anda. Hemat lebih banyak bahan bakar dengan memiliki jenis mesin Anda. Info ini membantu Maps menemukan rute yang paling menghemat bahan bakar atau energi.”

Fitur ini hari segera setelah Google mulai menambahkan alat penghemat uang untuk memperhitungkan biaya jalan tol saat membuat rute. Belum bisa dipastikan fitur tersebut akan diluncurkan ke semua pengguna Google Maps.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement