Senin 18 Jul 2022 07:08 WIB

Garis-Garis Gelap Muncul di Kuku? Kolesterol Tinggi Bisa Jadi Penyebabnya

Kenali gejala kolesterol tinggi, salah satunya ada di kuku.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kuku sehat (Ilustrasi). Kemunculan garis-garis hitam pada kuku bisa menjadi pertanda kolesterol tinggi.
Foto: Boldsky
Kuku sehat (Ilustrasi). Kemunculan garis-garis hitam pada kuku bisa menjadi pertanda kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampilan kuku ternyata bisa memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan tubuh. Salah satu tampilan pada kuku yang patut diwaspadai adalah kemunculan garis-garis berwarna gelap.

Munculnya garis-garis gelap pada kuku bisa menjadi pertanda adanya masalah kolesterol tinggi yang terjadi. Kolesterol tinggi sebenarnya kerap tak memunculkan gejala yang spesifik.

Baca Juga

"Meski kondisi ini jarang memunculkan gejala spesifik, kuku Anda bisa memberikan petunjuk," kata ahli fisiologi kesehatan dari Olio Lusso, Ieva Kubiliute, seperti dilansir Express, Ahad (17/7/2022).

Menurut Kubiliute, kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah. Keberadaan plak ini dapat mengganggu sirkulasi darah di berbagai area tubuh, termasuk tangan.

"Hasilnya? Garis-garis gelap bisa terbentuk di bawah kuku Anda," jelas Kubiliute.

Selain pada kuku, beberapa area tubuh lain juga bisa memunculkan tanda peringatan terkait kolesterol tinggi. Pada kaki atau lengan misalnya, kolesterol tinggi bisa memunculkan gejala kebas atau kesemutan.

"Buruknya aliran darah akibat plak di pembuluh darah juga bisa memunculkan kebas, strok, dan tekanan darah tinggi," ujar Kubiliute.

Namun, perlu disadari pula bahwa tanda berupa kemunculan garis hitam di kuku atau gejala kolesterol tinggi lainnya tak selalu akan muncul. Tak jarang, kolesterol tinggi bisa memicu penumpukan plak di pembuluh darah secara diam-diam.

Oleh karena itu, para ahli menganjurkan masyarakat untuk memeriksa kadar kolesterol secara berkala. Pemeriksaan ini bisa dilakukan melalui tes darah yang diambil dari lengan atau ujung jari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement