Senin 18 Jul 2022 13:00 WIB

Eropa Perangi Kebakaran Hutan dalam Gelombang Panas

Helikopter menjatuhkan air ke kobaran api karena panas di atas 40 Celcius di Spanyol.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Orang-orang duduk di rerumputan yang terpanggang matahari di Greenwich Park dengan latar belakang museum Maritim dan distrik keuangan Canary Wharf di London, Minggu 17 Juli 2022. Badan cuaca Inggris telah mengeluarkan
Foto: AP Photo/Tony Hicks
Orang-orang duduk di rerumputan yang terpanggang matahari di Greenwich Park dengan latar belakang museum Maritim dan distrik keuangan Canary Wharf di London, Minggu 17 Juli 2022. Badan cuaca Inggris telah mengeluarkan

REPUBLIKA.CO.ID, JERTE -- Pihak berwenang di seluruh Eropa selatan berjuang untuk mengendalikan kebakaran hutan besar di negara-negara termasuk Spanyol, Yunani, dan Prancis pada Ahad (17/7/2022). Ratusan kematian terjadi akibat kenaikan suhu yang menurut para ilmuwan konsisten dengan perubahan iklim.

Helikopter menjatuhkan air ke kobaran api karena panas di atas 40 Celcius di Spanyol. Kondisi medan pegunungan membuat pekerjaan lebih sulit bagi petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga

Penduduk yang terkejut menyaksikan kepulan asap tebal membubung di atas lembah Jerte barat tengah mengatakan, panas membuat rumah mereka yang sebelumnya hijau dan sejuk lebih seperti semi-kering seperti di selatan Spanyol. "Perubahan iklim mempengaruhi semua orang," kata penduduk Miguel Angel Tamayo.

photo
Sebuah helikopter mengangkut air selama pemadaman kebakaran hutan bekerja di dekat Becerril de la Sierra, di pinggiran Madrid, Selasa, 12 Juli 2022. Gelombang panas, yang kedua untuk Spanyol dalam waktu kurang dari sebulan dan yang pertama tahun ini untuk Portugal, diperkirakan akan terjadi. berlangsung setidaknya sampai akhir pekan, kata para pejabat Selasa. Suhu yang sudah tinggi terus meningkat, meningkatkan kekhawatiran akan memicu kebakaran hutan yang lebih tidak terkendali - (AP/Bernat Armangue)

Badan cuaca Spanyol mengeluarkan peringatan suhu pada Ahad, dengan perkiraan suhu tertinggi 42 derajat Celcius di Aragon, Navarra dan La Rioja di utara. Gelombang panas akan berakhir pada Senin (18/7/2022), tetapi memperingatkan suhu akan tetap sangat tinggi.

Kebakaran berkobar di beberapa wilayah lain termasuk Castille dan Leon di Spanyol tengah dan Galicia di utara pada Ahad sore. Petugas pemadam kebakaran menstabilkan api di Mijas provinsi Malaga dan orang yang dievakuasi dapat kembali ke rumah.

Lebih dari 1.000 kematian telah dikaitkan dengan gelombang panas selama hampir seminggu di Portugal dan Spanyol sejauh ini. Suhu di Spanyol telah mencapai setinggi 45,7 derajat celcius.

Sekitar 1.000 petugas pemadam kebakaran mencoba mengendalikan 13 kebakaran hutan dan pedesaan di tengah dan utara Portugal, yang terbesar berada di dekat kota utara Chaves. Kementerian Kesehatan Portugal mengatakan, dalam tujuh hari terakhir 659 orang meninggal karena gelombang panas, kebanyakan dari mereka berusia lanjut.

photo
Seorang pria menggunakan jam pagi yang sejuk untuk berlari di jalan kecil di pinggiran Frankfurt, Jerman, Senin, 18 Juli 2022. Suhu tinggi diperkirakan akan terjadi di seluruh Jerman pada hari Senin dan Selasa. - (AP Photo/Michael Probst)

Sedangkan puncak mingguan dengan 440 kematian terjadi pada pekan lalu. Kenaikan ini akibat suhu melebihi 40 derajat celcius di beberapa wilayah dan 47 derajat celcius di stasiun meteorologi di distrik Vizeu di pusat negara itu.

Menurut data dari lembaga meteorologi nasional, Portugal bergulat dengan kekeringan ekstrem bahkan sebelum gelombang panas baru-baru ini. Sekitar 96 persen daratan telah mengalami kekeringan parah atau ekstrem pada akhir Juni. Komandan Otoritas Darurat dan Perlindungan Sipil Andre Fernandes mendesak orang-orang untuk berhati-hati agar tidak memicu kebakaran baru dalam kondisi kering seperti itu.

Sedangkan di Prancis, kebakaran hutan kini telah menyebar lebih dari 11.000 hektar di wilayah barat daya Gironde. Lebih dari 14.000 orang telah dievakuasi.

Lebih dari 1.200 petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan kobaran api. Prancis mengeluarkan peringatan merah, kemungkinan tertinggi, untuk beberapa wilayah, dengan penduduk didesak untuk sangat waspada.

Kebakaran yang lebih kecil telah berkobar dalam beberapa hari terakhir di Italia. Ramalan cuaca memperkirakan suhu di atas 40 derajat Celcius di beberapa wilayah dalam beberapa hari mendatang.

Suhu serupa tercatat di Portugal pada Ahad, dan diperkirakan di Inggris pada Senin dan Selasa (19/7/2022). Kenaikan ini akan melampaui rekor resmi sebelumnya 38,7 derajat celcius yang ditetapkan di Cambridge pada 2019.

Peramal cuaca nasional Inggris mengeluarkan peringatan panas ekstrem merah pertama untuk beberapa bagian Inggris. Penumpang kereta api disarankan untuk hanya bepergian jika benar-benar diperlukan dan mengantisipasi penundaan dan pembatalan yang meluas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement