Senin 18 Jul 2022 14:06 WIB

Penembakan di Mal AS Tewaskan Empat Orang

Pelaku penembak pria juga termasuk di antara yang tewas di penembakan mal AS.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Personel darurat berkumpul setelah penembakan mematikan Minggu, 17 Juli 2022, di Greenwood Park Mall, di Greenwood, Ind.
Foto: Kelly Wilkinson/The Indianapolis Star via AP
Personel darurat berkumpul setelah penembakan mematikan Minggu, 17 Juli 2022, di Greenwood Park Mall, di Greenwood, Ind.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIANAPOLIS -- Empat orang tewas dan dua terluka dalam penembakan di sebuah mal di negara bagian Indiana, Amerika Serikat (AS), Ahad (18/7/2022) malam waktu setempat. Pelaku penembak pria juga termasuk di antara yang tewas.

Kepala Departemen Kepolisian Greenwood, Jim Ison mengatakan, pria bersenjata itu memiliki beberapa magasin amunisi. Ia memasuki Greenwood Park Mall dan mulai menembak di food court mal tersebut.

Baca Juga

Ison mengatakan seorang pria berusia 22 tahun dari Kabupaten Bartholomew secara sah membawa pistol di mal dan berinisiatif menembak mati pelaku pria bersenjata. "Tampaknya seorang Samaria yang baik yang bersenjata mengamati penembakan yang sedang berlangsung dan menembak penembaknya,” katanya.

Ison mengatakan empat dari mereka yang terkena tembakan adalah perempuan dan satu laki-laki. Ia menambahkan bahwa seorang gadis berusia 12 tahun termasuk di antara dua yang terluka, keduanya dalam kondisi stabil.

photo
Petugas tanggap darurat bekerja di lokasi penembakan mematikan Minggu, 17 Juli 2022, di Greenwood Park Mall, di Greenwood, Ind. - (Arika Herron/The Indianapolis Star via AP)

Polisi juga menyita tas ransel mencurigakan yang berada di kamar mandi dekat food court. "Kami juga menemukan tas ransel yang tertinggal di kamar mandi di luar food court. Kami tidak tahu itu milik siapa. Itu mencurigakan," katanya.

Petugas mendatangi mal sekitar pukul 18.00 untuk laporan penembakan. "Pahlawan sebenarnya hari ini adalah warga negara yang secara sah membawa senjata api di food court itu dan mampu menghentikan penembak segera setelah dia memulai," kata Ison.

Penembakan massal itu adalah yang terbaru yang membuat orang Amerika ketakutan pada sepanjang 2022. Sekolah, gereja, toko kelontong, dan parade 4 Juli di Highland Park, Illinois, semuanya telah menjadi tempat pembunuhan dalam beberapa bulan terakhir. Namun, kenyataan tingkat pembunuhan yang mengejutkan di Amerika sering terlihat lebih jelas dalam kematian individu yang jarang menjadi berita.

Polisi Metropolitan Indianapolis dan beberapa lembaga lainnya membantu dalam penyelidikan pada penembakan terbaru ini. "Kami muak dengan jenis insiden lain seperti ini di negara kami," kata Asisten Kepala Polisi Indianapolis Chris Bailey.

Tidak ada ancaman terhadap daerah itu pada hari penembakan. Greenwood adalah pinggiran selatan Indianapolis dengan populasi sekitar 60 ribu orang. Wali kota Mark Myers meminta doa untuk para korban. "Tragedi ini menghantam inti komunitas kami," kata Myers dalam sebuah pernyataan. Pihak berwenang mengatakan mereka akan memberikan rincian lebih lanjut Senin waktu setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement