Selasa 19 Jul 2022 01:45 WIB

3.778 Hewan Kurban Disalurkan ke Daerah 3T dan Bencana

Penyaluran hewan kurban dilakukan dalam bentuk hewan hidup dan olahan daging kaleng

Red: A.Syalaby Ichsan
Program Qurban Prioritas Laznas BMM
Foto: Laznas BMM
Program Qurban Prioritas Laznas BMM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) menyalurkan sebanyak 3.778 ekor hewan kurban berupa domba atau kambing ke wilayah terpencil, terluar dan tertinggal (3T)  dan terdampak bencana. Daerah-daerah tersebut tersebar di 24 Provinsi di Indonesia baik berupa hewan hidup maupun dalam bentuk olahan daging rendang kaleng dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1443 H. 

Kegiatan penyaluran hewan kurban tersebut merupakan bagian dari program “Qurban Prioritas” yang diinisiasi oleh Laznas BMM. Program ini  telah berlangsung secara rutin dengan mengusung tagline “Bersama Menebar Manfaat” pada tahun ini. Tagline tersebut  mengandung semangat menebarkan kebermanfaatan untuk segala lapisan masyarakat melalui distribusi daging kurban secara merata dan tepat sasaran khususnya bagi masyarakat di pelosok Indonesia yang memang kesulitan atau bahkan belum pernah mengonsumsi daging seumur hidupnya.

Rangkaian penyembelihan dan penyaluran daging kurban  berlangsung pada 10-13 Juli 2022 dengan jumlah penerima manfaat mencapai 79.490 jiwa dan total wilayah distribusi sebanyak 276 titik. Beberapa diantaranya tersebar di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, NTB, NTT dan Papua Barat.

photo
3778 hewan kurban, laznas bmm - (laznas bmm)

Terselenggaranya program Qurban Prioritas 1443 H tersebut juga merupakan bentuk sinergi Laznas BMM dengan berbagai pihak, diantaranya adalah mitra-mitra korporasi dan komunitas seperti Perusahaan Pengelola Aset (PPA), Bank Muamalat Indonesia, Bank KB Bukopin Syariah, Yayasan Sahabat Beramal Jariyah, Yayasan Sahabat Tunas Sabit, Insan Priangan Foundation, Komunitas Sapa Difabel Imogiri dan berbagai mitra lainnya.

Novi Wardi selaku Direktur Eksekutif Laznas BMM bersyukur program Qurban Prioritas ini terselenggara dengan lancar. “Terima kasih banyak para mudhohi yang sudah berkenan mengamanahkan hewan qurbannya kepada BMM sehingga saudara kita di pelosok Indonesia dapat menikmati daging kurban di tahun ini. Semoga sinergi antara BMM dan berbagai elemen masyarakat baik individu, komunitas maupun korporasi dapat terus berjalan di berbagai program kebaikan lainnya sehingga semakin memperluas jangkauan kebermanfaatan,”ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement