Selasa 19 Jul 2022 06:35 WIB

Putin: Sanksi Barat Tidak Bisa Isolasi Rusia

Barat menerapkan berbagai sanksi ke Rusia sejak invasi pada 24 Februari 2022 lalu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin mengatakan Barat tidak mungkin memotong Rusia dari seluruh dunia.
Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Pho
Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin mengatakan Barat tidak mungkin memotong Rusia dari seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Barat tidak mungkin memotong Rusia dari seluruh dunia. Ia mengatakan sanksi-sanksi yang diterapkan ke Rusia tidak dapat mengembalikan pembangunan negara itu.

Sejak Rusia mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari lalu Barat menerapkan berbagai sanksi ke Rusia yang dirancang untuk mengisolasi negara itu dari perekonomian dunia. Barat berusaha menutup akses Rusia pada perdagangan elektronik, semikonduktor dan suku cadang pesawat.  

Baca Juga

"Tidak hanya pembatasan tapi penutupan hampir menyeluruh akses ke produk-produk teknologi tinggi asing dengan sengaja, dimaksudkan untuk melawan negara kami," kata Putin dalam konferensi video dengan tokoh-tokoh pemerintah, Senin (18/7/2022).

"Ini jelas merupakan tantangan besar bagi negara kami, tapi kami tidak akan menyerah dan membiarkan negara kacau atau seperti yang diprediksi 'pihak yang berharap', kembali mundur beberapa dekade, tentu tidak," katanya.

Putin mengatakan Rusia telah mengembangkan teknologi dan perusahaan teknologi dalam negeri.

Menteri Keuangan Anton Siluanov mengatakan dukungan pada sektor teknologi Rusia merupakan prioritas. Tapi setiap rubel dukungan pemerintah harus disertai setidaknya tiga rubel investasi swasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement