Selasa 19 Jul 2022 09:10 WIB

Super Aktif di Bursa Transfer, Arsenal Selangkah Lagi Rampungkan Kepindahan Zinchenko

Sebelumnya, Arsenal juga membajak Gabirel Jesus dari City.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Ukraina milik Manchester City, Oleksandr Zinchenko.
Foto: EPA-EFE/Robert Perry
Pemain Ukraina milik Manchester City, Oleksandr Zinchenko.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal kian dekat dengan kemungkinan perekrutan penggawa anyar pada jendela transfer musim panas kali ini. Adalah bek kiri Manchester City, Oleksandr Zinchenko, yang diklaim bakal merapat ke Stadion Emirates. Bahkan, bek kiri asal Ukraina itu tinggal melakoni tes medis dan diikuti dengan penandatangan kontrak secara resmi dengan Arsenal. 

''Semua proses ini diharapkan sudah rampung pada pekan ini atau awal pekan depan,'' tulis laporan Sports Mole, Selasa (19/7/2022). 

Baca Juga

Rencananya, Zinchenko, yang tengah berada di Amerika Serikat untuk melakoni tur pramusim bersama Manchester City, akan kembali ke London untuk melakukan tes medis bersama The Gunners. Bukan tidak mungkin, setelah semua proses ini selesai, Zinchenko akan bergabung bersama Arsenal dalam sejumlah laga pramusim. 

Upaya Arsenal untuk mendatangkan pemain berusia 25 tahun itu terbilang cukup mulus. Tawaran perdana yang dilayangkan The Gunners langsung disambut oleh manajemen The Citizens. Sejumlah laporan media asal Inggris bahkan menyebut, kedua klub sudah mencapai kesepakatan lisan pada akhir pekan lalu. 

Kabarnya, Arsenal akan mengelontorkan dana transfer sebesar 30 juta poundsterling, termasuk sejumlah bonus yang mencapai dua juta poundsterling. Kesepakatan dengan City ini langsung dilanjutkan The Gunners dengan melakukan negosiasi secara langsung dengan Zinchenko. Hasilnya, jebolan akademi Shakhtar Donetsk itu sepakat dengan tawaran kontrak berdurasi empat tahun dari Arsenal. 

The Gunners pun di ambang keberhasilan menyelesaikan rekrutan kelima pada jendela transfer musim panas kali ini. Sebelumnya, klub asal London Utara itu telah resmi mendatangkan Fabio Vieira, Matt Turner, Marquinhos, dan Gabriel Jesus. Secara khusus, apabila telah resmi hijrah ke Arsenal, Zinchenko menjadi pemain kedua yang direkrut The Gunners dari The Citizens. 

Zinchenko menyusul mantan rekan setimnya, Gabriel Jesus, yang memilih meninggalkan The Citizens dan berlabuh di Arsenal. Zinchenko pun akan kembali bekerjasama dengan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, yang pernah menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City. Menjadi salah satu pemain yang didatangkan Pep Guardiola saat resmi menjabat sebagai pelatih City, Zinchenko telah mengenakan seragam The Citizens pada 2016 silam. 

Selama enam musim membela The Citizens, Zinchenko telah mengemas 128 penampilan dan menyumbang dua gol dan 12 assist. Pada musim lalu, Zinchenko mencatatkan lima assist dari 28 penampilan di semua ajang. Potensi kepergian Zinchenko ini kemudian menguatkan rumor soal rencana The Citizens mendatangkan bek kiri anyar. 

Sejak awal bursa transfer musim panas kali ini, The Citizens terus dikait-kaitkan dengan kemungkinan perekrutan bek kiri Brighton and Hove Albion, Marc Cucurella. Guardiola dikabarkan tertarik untuk bekerjasama dengan bek kiri asal Spanyol itu.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement