Selasa 19 Jul 2022 14:45 WIB

Berniat Jual Tulisan Tangan Lirik Album Eagles Hotel California, Tiga Pria Justru Didakwa

Tulisan tangan lirik album 'Eagles Hotel California' dijual senilai Rp 14 miliar.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Tulisan tangan lirik album 'Eagles Hotel California' dijual senilai Rp 14 miliar (Foto: grup rock Eagles)
Foto: www.wikimedia.com
Tulisan tangan lirik album 'Eagles Hotel California' dijual senilai Rp 14 miliar (Foto: grup rock Eagles)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pria didakwa karena dugaan konspirasi menjual sekitar 100 halaman catatan tulisan tangan dan lirik Don Henley untuk album ikonik 'Eagles Hotel California'. Jaksa Distrik Manhattan, Alvin L. Bragg Jr. mengatakan, Glenn Horowitz, Craig Inciardi, dan Edward Kosinski diduga berusaha menjual manuskrip, membuat sumber palsu, dan berbohong kepada rumah lelang, pembeli potensial, dan penegak hukum tentang asal kertas materi album Henley.

Ketiganya mengetahui bahwa kertas-kertas yang dicuri itu secara kolektif bernilai lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp 14 miliar). Ketiga pria itu telah didakwa oleh Mahkamah Agung Negara Bagian New York dengan satu tuduhan konspirasi di tingkat keempat.

Baca Juga

Inciardi dan Kosinski juga didakwa dengan kepemilikan kriminal barang curian di tingkat pertama, kemudian Horowitz didakwa dengan percobaan kepemilikan barang curian di tingkat pertama dan dua tuduhan penuntutan di tingkat kedua. Dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada entertainmentweekly, Irving Azoff, manajer lama Eagles and Henley, berterima kasih kepada Bragg dan timnya karena telah mengusut kasus ini. 

"Kami berterima kasih kepada Jaksa Wilayah New York, Alvin Bragg dan stafnya untuk mengejar kasus ini, dan memiliki keyakinan bahwa keadilan akan ditegakkan,” kata Azoff dilansir entertainmentweekly, Selasa (19/7/2022).