Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Baznas Bangun 340 Hunian Sementara untuk Penyintas Erupsi Gunung Semeru

Selasa 19 Jul 2022 12:10 WIB

Red: Christiyaningsih

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun 340 hunian sementara untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun 340 hunian sementara untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Foto: Baznas
Baznas membangun huntara untuk korban erupsi di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun 340 hunian sementara untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pembangunan huntara itu ditandai dengan peletakan batu pertama, yang berada di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD), Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro pada Senin (18/7/2022).

 

"Saya mewakili Baznas RI hari ini diberikan kelancaran sampai di tempat ini untuk melaksanakan babak awal dari program kami untuk melanjutkan pembangunan huntara," kata Deputi II BAZNAS M. Imdadun Rahmat saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan 340 Unit Huntara di Candipuro.

Baca Juga

Menurutnya Baznas merupakan lembaga yang bertugas sebagai pelaksana atau penyambung amanah dari para muzaki atau donatur untuk menyalurkan infak dan sedekahnya. Maka melalui donasi yang disalurkan para muzaki, bantuan ini diberikan kepada warga terdampak erupsi Semeru yang membutuhkan bantuan.

"Sebagai badan amil zakat negara, kami akan terus menjalankan amanat sebaik-baiknya dari para muzaki. Agar zakat yang dititipkan kepada kami betul-betul bermanfaat bagi penerima dan memberikan dampak nyata perbaikan hidup dalam mengatasi masalah kebutuhan primer, hingga zakat itu benar-benar bisa dikembangkan menjadi program produktif yang berjangka panjang untuk masyarakat," katanya.

Menurut Imdadun, sejak erupsi yang terjadi pada awal Desember lalu Baznas langsung menerjunkan tim untuk memberikan aksi pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat sekitar Gunung Semeru. Di antaranya seperti evakuasi, pelayanan dapur umum, dapur air, pelayanan kesehatan psikososial, dan lainnya. 

"Karena yang menjadi fokus Baznas adalah bagaimana membangkitkan masyarakat terdampak erupsi agar bisa bangkit seperti semula. Kemudian yang terkini, Baznas ingin mengembalikan kehidupan masyarakat agar kembali normal, salah satunya melalui pembangunan huntara ini," kata Imdadun.

Imdadun berharap,bantuan dalam bentuk huntara ini dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru. "Semoga bantuan ini menjadi daya ungkit untuk mengembalikan kehidupan normal bagi para korban bencana dan lebih jauh dari itu, yakni bisa meningkatkan taraf kehidupannya," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Lumajang Basuni menyampaikan pihaknya berterima kasih kepada Baznas yang telah memberikan bantuan huntara untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru. "Mudah-mudahan bantuan 340 huntara yang akan dibangun di kawasan relokasi ini bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat penyintas Gunung Semeru," kata dia.

Ia menuturkan setiap Pemkab Lumajang menerima bantuan untuk pembangunan huntara pasti akan segera diserahkan kepada Baznas. Bantuan itu kemudian disalurkan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan huntara dan fasilitas yang ada di kawasan relokasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile