Selasa 19 Jul 2022 21:24 WIB

Asian Games 2022 akan Digelar di Hangzhou 23 September 2023

Penyelenggaraan Asian Games 2022 ditunda karena pandemi Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Dewan Olimpiade Asia (OCA) menyatakan Asian Games ke-19 akan digelar di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 23 September-8 Oktober 2023. Ilustrasi.
Foto: VCG/China Daily
Dewan Olimpiade Asia (OCA) menyatakan Asian Games ke-19 akan digelar di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 23 September-8 Oktober 2023. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Dewan Olimpiade Asia (OCA) menyatakan Asian Games ke-19 akan digelar di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 23 September-8 Oktober 2023. Gugus tugas kegiatan tersebut selama dua bulan terakhir mengadakan beberapa kali pembicaraan dengan Komite Olimpiade China, Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou, dan pemangku kepentingan lainnya.

Mereka berdiskusi untuk memilih jadwal agar tidak bertabrakan dengan ajang olahraga internasional besar lain. Demikian keterangan OCA pada Selasa (19/7/2022).

Baca Juga

Edisi ke-19 dari ajang multievent negara-negara Asia, dengan jumlah peserta terbesar kedua setelah Olimpiade Musim Panas, itu awalnya dijadwalkan berlangsung pada 10-25 September tahun ini di ibu kota Provinsi Zhejiang yang terletak sekitar 175 kilometer barat daya pusat bisnis China, Shanghai. Dampak pandemi Covid-19 memaksa penyelenggara menunda Olimpiade yang diumumkan Mei.

Dewan Eksekutif (EB) OCA kemudian membentuk gugus tugas untuk menentukan tanggal baru. Jadwal baru tersebut telah direkomendasikan oleh Gugus Tugas dan mendapatkan persetujuan dari Dewan Eksekutif OCA.

"Dewan Olimpiade Asia mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan pemerintah China atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan Asian Games selama pandemi dan memastikan ajang tersebut bisa diadakan tahun depan," kata OCA.

Panitia pelaksana akan berkolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan dalam melakukan persiapan penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Asia itu. Hangzhou akan menjadi kota ketiga di China yang menjadi tuan rumah Asian Games setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010. Asian Games ke-19 nanti juga akan diadakan di kota-kota lain di Provinsi Zhejiang seperti Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement