Rabu 20 Jul 2022 10:53 WIB

Bukan Cuma di Mata, Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin A Bisa Terasa di Kulit

Kekurangan vitamin A dalam jangka panjang bisa menyebabkan kebutaan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Wortel, salah satu sumber vitamin A (ilustrasi). Gejala kekurangan vitamin A bisa terasa di kulit.
Foto: Pxhere
Wortel, salah satu sumber vitamin A (ilustrasi). Gejala kekurangan vitamin A bisa terasa di kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan jenis vitamin tertentu, seperti vitamin C dan vitamin D, lebih mudah ditinjau kondisinya, namun ada pula kekurangan jenis vitamin yang tak banyak disadari, seperti vitamin A.

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, menyehatkan kulit, serta melawan infeksi. WebMD memperingatkan, bila seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin A dalam menu harian, dia mungkin berisiko mengalami kekurangan vitamin A.

Baca Juga

Kekurangan vitamin A dalam jangka panjang bisa berimbas pada konsekuensi serius, termasuk menyebabkan kebutaan. Seiring waktu, itu dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi penglihatan, penurunan kekebalan tubuh, dan kematian.

Salah satu gejala kekurangan vitamin A yang harus diwaspadai adalah kulit gatal. "Orang yang kekurangan vitamin A dapat memiliki masalah kulit, seperti kulit kering, gatal, dan kulit bersisik," demikian bunyi pernyataan WebMD, dikutip dari laman Express, Rabu (20/7/2022).

Disarankan untuk menghubungi dokter untuk menguji kadar vitamin A jika seseorang khawatir mengalami defisiensi. Ada beberapa kondisi yang dapat disebabkan kekurangan vitamin A dalam jumlah besar, salah satunya adalah xerophthalmia.

Pengidap kondisi xerophthalmia akan mengalami mata kering dan berkerak, yang dapat merusak kornea dan retina. Seseorang dengan kekurangan vitamin A juga lebih kerap mengalami masalah kesehatan karena tubuhnya cenderung tidak mampu melawan infeksi.

Kondisi lain ialah bintik bitot, yakni penumpukan keratin di mata yang menyebabkan penglihatan kabur. Bisa juga terjadi keratomalacia, gangguan mata yang melibatkan pengeringan dan pengaburan kornea, yakni lapisan bening di depan iris dan pupil.

Orang yang kekurangan vitamin A juga bisa mengalami keratinisasi, proses di mana sel-sel diisi dengan protein keratin. Lantas, sel-sel itu mati dan membentuk struktur yang keras dan tahan di saluran kemih, saluran pencernaan, dan saluran pernapasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement