Rabu 20 Jul 2022 14:45 WIB

Ini Cerita Keanu Reeves Bisa Dapatkan Peran John Wick

Nama Clint Eastwood dan Harrison Ford sebelumnya dipilih untuk 'John Wick'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Sebagian besar kesuksesan film didukung penampilan utama pemeran John Wick, Keanu Reeves.
Foto: EPA
Sebagian besar kesuksesan film didukung penampilan utama pemeran John Wick, Keanu Reeves.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film John Wick dikenal sebagai salah satu serial film aksi paling sukses sepanjang masa. Sebagian besar kesuksesan film didukung penampilan utama pemeran John Wick, Keanu Reeves. 

Namun, siapa sangka, ternyata sang penulis skenario Derek Kolstad awalnya merencanakan karakter John Wick untuk pria yang jauh lebih tua ketika menulis naskah untuk film pertama yang awalnya berjudul Scorn. Kisah tentang bagaimana Reeves memerankan John Wick 2014 terungkap dalam buku baru They Shouldn't Have Killed His Dog: The Complete Oral History of John Wick, Gun Fu, and the New Age of Action oleh Edward Gross dan Mark A. Altman. 

Baca Juga

Produser John Wick, Basil Iwanyk, menyebutkan bahwa dia menerima naskah dari sahabatnya, Charlie Ferraro. Dia mengatakan bahwa naskah menuliskan John Wick merupakan seorang pria berusia 75 tahun, atau 25 tahun setelah pensiun.

“Saya pikir, mungkin ada satu atau dua nama, Clint Eastwood, Harrison Ford. Selain itu, saya tidak yakin bagaimana saya menyatukan film ini. Tapi, nada naskah untuk John Wick subversif dan sangat menyenangkan. Ini memiliki emosional yang sangat jelas melalui baris dan premis yang bagus untuk film aksi,” kata Iwanyk dalam buku itu dilansir EntertainmentWeekly, Rabu (20/7/2022).

Iwanyk bukan satu-satunya orang yang tertarik dengan skenarionya. Kolstad mengatakan bahwa timnya membawa lima nama untuk naskah tersebut. Dia mengatakan, mendapat saran bahwa aktor-aktor itu memiliki nama, tetapi Kolstad harus memilih seseorang yang memiliki tarif rendah.

“‘Jika Anda ingin berkarir sebagai penulis, kita harus mengambil ini.' Anda tahu Anda memiliki agen yang baik ketika dia melihat jangka panjang. John Wick dijual pada Februari, dan filmnya keluar pada November. Itu tidak pernah terjadi,” ujar Kolstad.

Reeves, yang sedang mengalami kemerosotan karier pada saat itu, diberitahu oleh agennya tentang proyek tersebut. 

"Sahabatku yang lain di dunia, Jimmy Darmody, adalah seorang agen di CAA, yang saat itu mewakili Keanu," kata produser Iwanyk.

Kolstad mengatakan, dia menghabiskan waktu dua bulan di rumah Reeves untuk mengerjakan naskah pada akhir pekan. Kolstad menggambarkan rumah itu tidak mewah tetapi bagus untuk aktor bernilai miliaran dolar AS seperti Reeves. Dia melihat ada ratusan skenario di meja kerja sang aktor.

“Pada saat itu, sebelum saya bertemu dan benar-benar cocok dengannya, saya seperti, 'Ya, saya juga sangat ingin bekerja sama’. Hal pertama yang Keanu katakan kepada saya adalah, 'Oke, Derek, saya akan memainkan dia (usia) 35 tahun.’ Dan saya seperti, 'Baik’,” ujar Kolstad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement