Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kota Padang Kembali Temukan 32 Ekor Sapi Terjangkit PMK

Rabu 20 Jul 2022 23:06 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Gita Amanda

Petugas Dinas Pertanian Kota Padang memeriksa kesehatan sapi, (ilustrasi).

Petugas Dinas Pertanian Kota Padang memeriksa kesehatan sapi, (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
Dinas Pertanian rutin melakukan pengecekan ke tempat peternak.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian Kota Padang, Sovia Hariani, mengatakan pihaknya menemukan ada 32 ekor ternak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Ke-32 ekor hewan tersebut berasal dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Bungus Teluk Kabung dan Kecamatan Koto Tangah.

“Ditemukan di daerah Bungus Barat sebanyak 30 ekor, kemudian di daerah Lubuk Minturun Koto Tangah ditemukan lagi sebanyak 2 ekor yang dilaporkan pada tanggal 14 Juli," kata Sovia, Rabu (20/7/2022).

Sovia menyebut Dinas Pertanian rutin melakukan pengecekan ke tempat peternak. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penularan PMK lebih luas.

"Kita melakukan pengendalian tetap dengan melakukan edukasi, supaya hewan ternak yang masih sehat bisa desinfektan dan menjaga kebersihan kandangnya agar tidak tertular,” ujar Sovia.

Sebelumnya pada Mei 2022 lalu menurut dia Dinas Pertanian Padang mencatatkan 32 ekor hewan ternak positif PMK. Kini 32 ekor tersebut telah sembuh.

Kini mereka fokus penyembuhan 32 ekor lagi temuan baru dan melakukan upaya pencegahan supaya tidak ada lagi ternak warga yang menjadi korban penularan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile