Kamis 21 Jul 2022 13:12 WIB

Forum OSIS Jawa Barat Bakal Gandeng Pondok Inspirasi

Tujuannya untuk memperkuat program pembinaan OSIS se-Jabar.

Red: Irwan Kelana
Forum OSIS Jawa Barat (FOJB)  melakukan kunjungan ke Pondok Inspirasi Bogor, dalam rangka inisiasi kerja sama program kepemudaan, Senin (18/7/2022).
Foto: Dok Pondok Inspirasi
Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) melakukan kunjungan ke Pondok Inspirasi Bogor, dalam rangka inisiasi kerja sama program kepemudaan, Senin (18/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Permasalahan remaja semakin banyak dan kompleks. Pendidikan  menjadi salah satu jalan dalam membuka ruang belajar dan bertumbuh bagi remaja. Tidak hanya pendidikan di bangku sekolah atau perkuliahan. Namun remaja pula perlu mendapatkan ruang komunikasi secara natural dalam rangka meningkatkan kapasitas dirinya.

Menurut psikolog perkembangan asal Swiss Jean Piaget, secara psikologis masa remaja merupakan usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat. Pondok Inspirasi menjadi salah satu ruang bagi pemuda untuk mengembangkan diri menjadi pribadi sesuai dengan potensi dirinya sendiri. 

Dalam rangka memberikan kebermanfaatan yang jauh lebih banyak dan pengaruh yang besar, Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) berinisiasi melakukan kerja sama dengan Pondok Inspirasi. “Saat ini kolaborasi menjadi penting untuk dapat memperluas jangkauan dan memberikan pengaruh besar. Pondok Inspirasi sebagai salah satu komunitas kepemudaan siap bersama-sama FOJB untuk memberikan ruang belajar OSIS Jawa Barat,”  tutur Agus Harianto,  ketua Pondok Inspirasi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/7/2022).

FOJB sebelumnya melakukan kunjungan ke Pondok Inspirasi pada Senin (18/7) dalam rangka inisiasi kerja sama program kepemudaan. “Kami melakukan kunjungan ke Pondok Inspirasi dalam rangka membuka peluang bersinergi untuk kolaborasi program pendidikan kepemudaan bagi OSIS Jawa Barat”, ungkap Muhammad Fadlyllah, salah satu pembina FOJB.

Rencana program yang akan dikolaborasikan meliputi program pembinaan kepemimpinan OSIS, pembinaan penerima beasiswa OSIS, serta pembinaan alumni, baik berupa mentoring atau coaching. “Pada dasarnya menguatkan positioning mereka untuk lebih mengenal potensi diri, menghargai diri, menemukan passion. Coaching menjadi penting bagi mereka”, kata Tanti Mantily Dewi, pembina Pondok Inspirasi sekaligus Coach, Psikolog dan Talent Advisor PT Paragon Technology and Innovation.

Pondok Inspirasi adalah organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, talent pool, dan kepemudaan, organisasi ini juga menjadi salah satu komunitas terpilih dalam Community Challenge Kahf. Pondok Inspirasi  terpilih untuk mengikuti Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia. Kemudian, Young Business Hub di Turki, serta mengikuti YSEALI YOUnified 2020. Pondok Inspirasi juga mendapatkan tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Pondok Inspirasi rutin mendapatkan sesi mentoring dan coaching dari PT Paragon Technology and Innovation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement