Kamis 21 Jul 2022 17:26 WIB

Arteta Singgung Kualitas Zinchenko yang Mampu Bermain di Berbagai Posisi

Penting bagi skuad Arsenal saat ini untuk merekrut pemain serbabisa.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Ukraina yang kini membela Manchester City Oleksandr Zinchenko.
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Pemain timnas Ukraina yang kini membela Manchester City Oleksandr Zinchenko.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Arsenal baru saja meraih hasil positif saat melakoni partai uji coba melawan tuan rumah Orlando City. Klub elite Inggris ini menundukkan the Lions 3-1 di Exploria Stadium, Amerika Serikat, Kamis (21/7/2022) pagi WIB.

Usai pertandingan tersebut, pelatih Arsenal, Mikel Arteta bertemu awak media. Ia diminta berbicara mengenai beberapa hal. Salah satunya tentang bakal bergabungnya Oleksandr Zinchenko dengan tim Gudang Peluru.

Baca Juga

"Seperti yang Anda lihat, dia ada di sini (di Orlando). Masih ada beberapa tahapan formal untuk menyelesaikan semuanya, tapi kami sangat senang memilikinya," kata Arteta, dikutip dari Sky Sports.

Arteta mengenal Zinchenko dengan sangat baik. Keduanya pernah berbagi kamar ganti di Manchester City. Beberapa tahun lalu, sang arsitek tim merupakan asisten Pep Guardiola.

Arteta mengagumi kualitas pria Ukraina itu. Seseorang yang tidak hanya piawai secara teknis. Tapi juga memiliki jiwa kepemimpinan.

Saat masih berseragam Man City, Zinchenko mampu ditempatkan di dua posisi. Terkadang ia berperan sebagai gelandang. Di sejumlah kesempatan, produk akademi Shakhtar Donetsk itu digeser ke area bek kiri.

"Di awal kariernya, dia adalah pemain nomor 10, dan kami mengubahnya menjadi bek kiri. Fleksibilitas adalah salah satu hal penting, cara kami menyesuaikan struktur, formasi, dan rotasi dalam skuat," ujar Arteta.

Intinya, penting bagi Arsenal untuk merekrut pemain serbabisa. Itu sesuai tuntutan sepak bola modern. Dalam pertandingan nanti, bahkan dengan nama yang sama, para pemain bisa berganti formasi.

Zinchenko akan menjadi rekrutan kelima the Gunners. Demi mendapatkan tanda tangannya, kubu Meriam London mengeluarkan 32 juta poundsterling. Sebelumnya, rival sekota Tottenham Hotspur itu sudah menggaet beberapa sosok berkelas.

Para pemain tersebut antara lain Fabio Vieira, Matt Turner, Marquinhos, serta Gabriel Jesus. Nama terakhir merupakan rekan Zinchenko di Etihad Stadium.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement