Kamis 21 Jul 2022 19:15 WIB

Rusia: Tidak Ada Kontak dari AS untuk Perundingan Damai di Ukraina

Belum ada kontak dari AS untuk menggelar perundingan damai dalam perang Ukraina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
...
Foto: EPA-EFE/MAXIM SHIPENKOV
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan belum ada kontak dari Amerika Serikat (AS) untuk menggelar perundingan damai dalam perang di Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan belum ada kontak dari Amerika Serikat (AS) untuk menggelar perundingan damai dalam perang di Ukraina.

"Pemerintah Amerika melarang perwakilan mereka di Kiev bahkan memikirkan perundingan dengan kami, dan jelas memaksa mereka untuk berperang sampai orang Ukraina terakhir," kata Zakharova pada wartawan, Kamis (21/7/2022).

Perundingan damai antara Rusia dan Ukraina mengalami kebuntuan sejak April lalu. Ketika gencatan senjata yang ditengahi Turki di Istanbul gagal.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy tidak yakin dengan prospek perundingan damai. Sementara pasukan Rusia menduduki wilayah Ukraina. Pada Rabu (20/7/2022) kemarin Menteri Pertahanan Rusia Sergei Lavrov mengatakan perundingan damai dengan Ukraina "tidak masuk akal."

Pada 7 Juli lalu Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negaranya tidak "memulai apa pun yang sungguh-sungguh di Ukraina". Ia menantang Barat untuk mengalahkannya di palagan.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement