Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rumah Sakit di Gaza Sambut Kehadiran Dokter Baru Penerima Beasiswa Qatar

Kamis 21 Jul 2022 15:44 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi dokter Gaza. Sejumlah dokter di Gaza mendapatkan beasiswa belajar spesialis dari Qatar

Ilustrasi dokter Gaza. Sejumlah dokter di Gaza mendapatkan beasiswa belajar spesialis dari Qatar

Foto: AP/Adel Hana
Sejumlah dokter di Gaza mendapatkan beasiswa belajar spesialis dari Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Rumah sakit di Jalur Gaza menyambut baik kehadiran dokter baru Palestina yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa dari Qatar Red Crescent Society (QRCS).

 

Dengan beasiswa ini, mereka mengikuti program pelatihan dan sub-spesialisasi di Yordania dan kini pelatihan tersebut telah selesai. 

Baca Juga

QRCS memuji keberhasilan yang diraih para dokter yang pulang, baik dalam membantu mengembangkan kualitas layanan medis maupun kontribusi dalam mengembangkan kader medis lokal sesuai protokol kesehatan internasional, seperti dilansir Gulf Times, Kamis (21/7/2022). 

QRCS menekankan dukungannya yang berkelanjutan untuk program-program berkualitas ini. Institusi tersebut menilai, program beasiswa yang diberikan itu berkontribusi pada peningkatan layanan medis kepada para pasien Palestina. 

Direktur Jenderal Kerjasama Internasional Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, Dr Abdul-Latif al-Haj, mengatakan Kementerian memberikan perhatian besar pada program beasiswa dokter di luar negeri.

Menurutnya, langkah tersebut meningkatkan kinerja pekerja sektor medis meskipun luar biasa dan keadaan sulit yang ditimbulkan oleh pengepungan dan perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza. 

Dia menunjukkan, para dokter yang telah kembali ini menerima pelatihan medis khusus di rumah sakit dan pusat kesehatan terbaik di Yordania. Ini terlihat dalam hasil operasi yang mereka berikan kepada pasien di rumah sakit pemerintah di seluruh provinsi Gaza. 

QRCS telah mendukung program pendidikan kedokteran khusus di Jalur Gaza sejak 2009, yang mencakup 33 beasiswa medis di Yordania dengan jumlah total 8.944.593 riyal Qatar. 

Selama periode itu, para dokter penerima beasiswa mempelajari spesialisasi medis yang dianggap paling membutuhkan dan langka. Ini untuk meningkatkan layanan medis yang tersediakan di rumah sakit Gaza dalam hal spesialisasi.

Di antaranya bedah saraf, hematologi, onkologi, radiologi intervensi, penyakit ginjal, endokrinologi, dan diabetes. 

 

Sumber: gulf-times 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile