Jumat 22 Jul 2022 10:45 WIB

Bomber Muslim Timnas Senegal Ini Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022

Mane juga menjadi peraih gelar pemain terbaik Afrika pada 2019 silam.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sadio Mane bersujud syukur.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Sadio Mane bersujud syukur.

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Penyerang anyar Bayern Muenchen, Sadio Mane, sukses terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2022. Dalam meraih penghargaan tersebut, penyerang berusia 30 tahun itu mengungguli mantan rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah, dan rekan setimnya di Timnas Senegal, Edouard Mendy. 

Mane dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika tahun ini dalam seremoni yang digelar Federasi Sepak Bola Afrika di Ibukota Maroko, Rabat, Kamis (21/7/2022) waktu setempat. Ini menjadi gelar pemain terbaik Afrika kedua yang berhasil diraih eks penyerang Liverpool tersebut. 

Baca Juga

Mane menjadi peraih gelar pemain terbaik Afrika pada 2019 silam atau pada edisi terakhir penanugerahan pemain terbaik Afrika. CAF terpaksa meniadakan gelaran penghargaan pemain terbaik Afrika dalam dua tahun terakhir lantaran pandemi Covid-19. 

''Saya benar-benar bahagia bisa meraih penghargaan ini pada tahun ini. Saya berterima kasih kepada semua masyarakat Senegal, dan mendedikasikan trofi ini untuk para pemain muda di Senegal,'' ujar Mane seusai menerima trofi tersebut seperti dilansir BBC Sports International, Jumat (22/7/2022). 

Sebelum hijrah ke Bayern Muenchen pada bulan ini, Mane sukses mempersembahkan dua titel domestik buat Liverpool, tepatnya Piala FA dan Piala Liga Inggris. Pun dengan keberhasilan Mane mengantarkan The Reds tampil di partai puncak Liga Champions musim lalu. 

Total, Mane mencetak 33 gol dan lima assist selama periode penilaian untuk penghargaan ini, termasuk 16 gol di pentas Liga Primer Inggris, dua gol di Piaa FA, dan lima gol di Liga Champions. Namun, prestasi terbaik Mane pada tahun ini terletak pada keberhasilan membawa Senegal untuk pertama kalinya dalam sejarah meraih titel Piala Afrika 2021, awal tahun ini. 

Mane sukses mengeksekusi tendangan penalti terakhir Senegal di partai final Piala Afrika, kontra Mesir. Lions of Teranga pun sukses membungkam The Pharaohs dengan skor, 4-2, via babak adu penalti. 

Di sepanjang turnamen tersebut, Mane mencetak tiga gol dan dua assist. Titel Piala Afrika 2021 dilengkapi Mane dengan penghargaan pemain terbaik turnamen. Sukses merengkuh penghargaan Piala Afrika dalam dua tahun secara beruntun, Mane menjadi pemain kelima di sepanjang sejarah yang mampu menorehkan prestasi tersebut. 

Eks penyerang RB Salzburg itu bersanding dengan sejumlah nama besar pesepakbola asal Afrika, seperti El Hadji Diouf, Samuel Eto’o, Yaya Toure, dan Salah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement