Jumat 22 Jul 2022 13:27 WIB

Airlangga Ajak Investor Jepang Kembangkan Smart City di IKN

Saat ini JOIN mengoperasikan tujuh proyek di Indonesia.

Red: Agus raharjo
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Member of Board of Directors Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (JOIN) Mr. Takuma Hatano (kanan), di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (21/7/2022).
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Member of Board of Directors Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (JOIN) Mr. Takuma Hatano (kanan), di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (21/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak perusahaan investasi dari Jepang, JOIN, untuk ikut mengembangkan sistem smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ajakan itu disampaikan saat Airlangga menemui Member of Board of Directors Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (JOIN) Mr. Takuma Hatano, di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (21/7/2022).

Airlangga menuturkan, merupakan perusahaan dana investasi infrastruktur yang disponsori oleh pemerintah swasta Jepang yang didirikan di Jepang pada Oktober 2014 dibawah Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT). Kepada Mr Takuma, Airlangga secara langsung mengajak JOIN untuk terlibat aktif dalam mengembangkan sektor energi terbarukan dan ekonomi digital di Indonesia.

Baca Juga

“Kami harap JOIN dapat berkontribusi dalam pengembangan sistem smart city di ibu kota baru kami di Kalimantan,” tutur Menko Airlangga dalam keterangan, Jumat (22/7/2022).

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menambahkan, IKN dibangun dengan visi “Kota Dunia untuk Semua”. Pembangunannya nanti akan menerapkan konsep kota pintar yang mengintegrasikan inovasi dalam pengembangan teknologi informasi baik infrastruktur keras dan lunak serta sistem bangunan dan transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Nusantara nantinya akan menjadi sebuah kota ideal yang dapat menjadi role model bagi pembangunan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia. Selain sebagai simbol identitas nasional, IKN juga akan menjadi kota berkelanjutan di dunia dan penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

Menko Airlangga mengatakan sumber daya energi berkelanjutan dan infrastruktur digital merupakan bagian integral dari pembangunan perkotaan modern dan kota pintar. Saat ini JOIN mengoperasikan tujuh proyek di Indonesia dengan nilai total sekitar JPY 28,6 miliar (62,3 juta dolar AS).

Proyek tersebut diantaranya yaitu Proyek Jalan Tol Brownfield di Jakarta dan Sulawesi Selatan, Proyek Urban Devt Plaza Indonesia di Jakarta, Proyek Pembangunan Perkotaan Mega Kuningan Jakarta, Proyek Pengembangan Perkotaan Sakura Garden City (Jakarta Tenggara Ibukota), Proyek Pembangunan Perkotaan Jakarta Garden City, Proyek Gudang Cold Storage di Bekasi, dan Proyek Pengembangan Perkotaan Mixed-use BSD City di Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement