Ahad 24 Jul 2022 00:59 WIB

Pengamat: Puan Paling Rasional Diusung PDIP pada Pilpres 2024

Majunya Puan mendorong trah Bung Karno kembali berkompetisi dalam gelaran pilpres.

Red: Agus Yulianto
Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Hendri Satrio menilai, Ketua DPR RI Puan Maharani adalah sosok paling rasional bagi PDIP untuk diusung sebagai capres atau cawapres pada Pilpres 2024. Alasanya, dari sisi kemampuan sebagai pemimpin, Puan sudah melewati banyak ujian dan ditempa cukup lama.

"Saat ini nama Puan Maharani justru paling rasional untuk PDIP. Sekali lagi Puan paling rasional bagi PDIPpada 2024," kata Hendri, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Hendri Satrio, PDIP bisa mencetak sejarah dengan mengusung Puan Maharani pada 2024. Dia menjelaskan, sebelum menjadi Ketua DPR RI, Puan terlebih dulu mengenyam sebagai anggota biasa, kemudian menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR RI, baru kemudian menjadi Ketua DPR RI.

 

photo
Puan Maharani dan Anies Baswedan. - (Republika)

 

"Maka, bukan saja ada kesan kuat bahwa kualitas Puan Maharani yang memang mumpuni karena sebagai Ketua DPR RI, bahkan sebelumnya sudah menjabat anggota biasa, ketua fraksi, bahkan menko (Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, red)," kata Pendiri Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini.

Lebih dari itu, dia menggarisbawahi, bahwa mengusung Puan Maharani bukan semata-mata kualitas dan prestasi, melainkan faktor sejarah bangsa. "Dalam hal ini, ada urusan sejarah yang diperjuangkan PDIP bila mendorong Puan Maharani menjadi presiden. Ya itu, sejarah Soekarno," jelas dia.

Hendri mengatakan, Puan akan diajukan menjadi capres atau cawapres pada 2024 sehingga trah Bung Karno kembali berkompetisi dalam gelaran pilpres. "Jadi nanti ujungnya, baik itu capres maupun cawapres, setidaknya Indonesia akan hadir cucu pendiri bangsa, cucu proklamator, cucu Soekarno, pada Pilpres 2024. Ini justru sejarah yang membanggakan menurut saya," imbuhnya.

PDIP sebelumnya berbicara soal peluang duet Ketua DPR RI Puan Maharani dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanpada Pilpres 2024. PDIP menyatakan, tak mudah tergoda untuk mencalonkan pihak lain.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement