Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

BMKG Prakirakan Hujan Meliputi Sebagian Kota Besar

Ahad 24 Jul 2022 02:04 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi. BMKG memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Ahad (24/7/2022) hari ini.

Ilustrasi. BMKG memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Ahad (24/7/2022) hari ini.

Foto: republika
Hujan berpotensi terjadi di Aceh, Jambi, Kalteng, Jateng, Jabar, Sulteng, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Ahad (24/7/2022). Informasi prakiraan cuaca daring infoBMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera dan di Samudra Pasifik Timur Filipina.

BMKG menjelaskan hal tersebut dapat menyebabkan wilayah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia, Barat Sumatera, dan juga di Samudra Pasifik Timur Filipina. Daerah konvergensi lainnya terpantau di Aceh hingga Sumatera Utara, Riau hingga Sumatera Barat, Kepulauan Riau hingga Jambi, Kepulauan Bangka Belitung hingga Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Baca Juga

Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar. Sehingga, BMKG memperkirakan hujan ringan di wilayah Sumatra terdapat di Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, dan Pangkalpinang. 

Selain itu, ada potensi hujan petir di wilayah Tanjung Pinang. Di wilayah Sumatera yang berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang terdapat di Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, dan Padang.

Selanjutnya, wilayah Pulau Jawa yang diprediksi berawan terdapat di wilayah Surabaya, Semarang dan, Yogyakarta. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah DKI Jakarta, dan adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Serang juga Bandung.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang diprakirakan berawan terdapat di wilayah Kupang, dan berawan di wilayah Mataram dan juga Denpasar. Wilayah Kalimantan yang diprakirakan berawan terdapat di wilayah Banjarmasin. 

Adanya hujan ringan terdapat di wilayah Palangkaraya dan juga Samarinda, hujan sedang terdapat di wilayah Pontianak dan waspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Tanjung Selor. Di Indonesia bagian timur diprediksi berawan terdapat di wilayah Ternate dan juga Jayapura. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Manokwari dan Ambon.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile