Ahad 24 Jul 2022 09:04 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Meliputi Sebagian Kota Besar

Hujan berpotensi terjadi di Aceh, Jambi, Kalteng, Jateng, Jabar, Sulteng, Papua.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. BMKG memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Ahad (24/7/2022) hari ini.
Foto: republika
Ilustrasi. BMKG memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Ahad (24/7/2022) hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan meliputi sebagian kota-kota besar di Indonesia pada Ahad (24/7/2022). Informasi prakiraan cuaca daring infoBMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera dan di Samudra Pasifik Timur Filipina.

BMKG menjelaskan hal tersebut dapat menyebabkan wilayah konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia, Barat Sumatera, dan juga di Samudra Pasifik Timur Filipina. Daerah konvergensi lainnya terpantau di Aceh hingga Sumatera Utara, Riau hingga Sumatera Barat, Kepulauan Riau hingga Jambi, Kepulauan Bangka Belitung hingga Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Baca Juga

Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan awan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar. Sehingga, BMKG memperkirakan hujan ringan di wilayah Sumatra terdapat di Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, dan Pangkalpinang. 

Selain itu, ada potensi hujan petir di wilayah Tanjung Pinang. Di wilayah Sumatera yang berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang terdapat di Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Bengkulu, dan Padang.

Selanjutnya, wilayah Pulau Jawa yang diprediksi berawan terdapat di wilayah Surabaya, Semarang dan, Yogyakarta. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah DKI Jakarta, dan adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Serang juga Bandung.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang diprakirakan berawan terdapat di wilayah Kupang, dan berawan di wilayah Mataram dan juga Denpasar. Wilayah Kalimantan yang diprakirakan berawan terdapat di wilayah Banjarmasin. 

Adanya hujan ringan terdapat di wilayah Palangkaraya dan juga Samarinda, hujan sedang terdapat di wilayah Pontianak dan waspadai adanya potensi hujan petir terdapat di wilayah Tanjung Selor. Di Indonesia bagian timur diprediksi berawan terdapat di wilayah Ternate dan juga Jayapura. Adanya potensi hujan ringan terdapat di wilayah Manokwari dan Ambon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement