Ahad 24 Jul 2022 17:10 WIB

Tips Cegah Infeksi Virus yang Sebabkan Penyakit Ginjal 

Beberapa faktor meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Virus (ilustrasi)
Foto: Public Domain Pictures
Virus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim yang berubah-ubah membuat kesehatan harus dijaga. Jika tidak akan banyak virus yang menghampiri tubuh Anda.

Infeksi yang terjadi umumnya disebabkan oleh pencemaran makanan dan air seperti tifus, gastroenteritis akut, hepatitis A, E. Sementara infeksi yang ditularkan oleh vektor antara lain malaria, leptospirosis dan demam berdarah.

Baca Juga

Dilansir dari hindustantimes pada Jumat (22/7/2022), faktor usia dan penyakit yang sudah ada sebelumnya meningkatkan risiko penyakit ginjal terutama yang bersifat sementara.

Berikut ini tips untuk mencegah infeksi virus yang dapat menyebabkan penyakit ginjal yaitu:

1. Cuci tangan dan minum air matang

Selama kondisi lembab di musim hujan karena kelembaban, banjir di jalan-jalan dan penyumbatan sistem drainase, kemungkinan besar kontaminasi air meningkatkan risiko makanan dan penyakit yang terbawa air. Tindakan perlindungan yang efektif meliputi adalah mencuci tangan dengan sabun dan air serta minum air matang atau air botolan.

2. Buah-Buahhan

Buah-buahan akan memiliki manfaat potensial termasuk tindakan anti-inflamasi. Namun, berhati-hatilah untuk menghindari makan buah-buahan yang sudah dipotong selama musim hujan. Pastikan buah-buahan dicuci dengan baik dalam air dan kulitnya dikupas.  

 

3. Aktivitas Fisik

Musim hujan membuat aktivitas di luar ruangan menjadi tidak mungkin atau tidak aman.  Oleh karena itu berjalan, berlari, joging atau bersepeda bukanlah pilihan bagi kebanyakan individu. Alternatifnya adalah latihan di rumah atau yoga yang memastikan fleksibilitas, kekuatan, dan membantu status kesehatan secara umum.

4. Akses Obat

Saat hujan deras, pasien mungkin kesulitan membeli obat di apotek.  Kekurangan pasokan dapat menyebabkan ketidakpatuhan pengobatan dan mengakibatkan pengendalian penyakit yang tidak memadai dan kemungkinan komplikasi. Pastikan persediaan yang memadai untuk pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang sangat penting untuk mencegah urgensi tersebut.

5. Akses Perawatan Medis 

Musim hujan dapat menjadi tantangan untuk mengakses perawatan medis tetapi jika seseorang menderita demam, kedinginan atau diare, dapatkan bantuan medis lebih awal.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement