Selasa 26 Jul 2022 07:58 WIB

Google Chrome Bakal Beritahu Pengguna Jika Kata Sandi Lemah

Pengguna kadang tidak terlalu memikirkan untuk membuat kata sandi yang lebih rumit.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Password (ilustrasi)
Foto: WISE GEEK
Password (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Chromebook dikabarkan akan mendapatkan pembaruan keamanan baru. Menurut situs About Chromebooks, fitur tersebut masih dalam proses sehingga pengguna ChromeOS belum bisa melihatnya.

Fitur yang dimaksud adalah indikator kekuatan kata sandi, yang mungkin tidak terdengar signifikan karena Anda mungkin pernah melihat indikator serupa sebelumnya. Mirip dengan beberapa alat pembuatan akun situs web dan beberapa pengelola kata sandi, ChromeOS akan membuat semacam indikasi visual tentang kekuatan kata sandi secara keseluruhan.

Baca Juga

Lantaran masih dalam pengembangan, sejauh ini masih belum ada informasi detail tentang fitur. Kemungkinan besar, fitur akan mengambil pendekatan serupa dengan pengelola kata sandi dan indikator lainnya. Artinya, beberapa bentuk indikator berwarna, seperti merah untuk lemah, kuning untuk oke, dan hijau untuk kuat, mungkin hadir dengan teks yang menyertainya untuk menjelaskan lebih lanjut perbaikan apa yang dapat dilakukan.

Mengapa ada orang yang membutuhkan pemberitahuan kekuatan kata sandi di OS mereka?

Saat ini belum tersedia di saluran pengembang ChromeOS, tetapi About Chromebooks mengatakan kode tersebut dapat diaktifkan dengan “chrome://flags#password-strength-indicator” setelah diluncurkan. Ini akan dirilis dalam waktu dekat dan mencoba untuk mengaktifkan fitur sekarang tidak ada salahnya.

Dilansir Slash Gear, Selasa (26/7/2022), salah satu manfaat ChromeOS dalam pembuatan rekomendasi kekuatan sandinya adalah tidak semua situs web menawarkan fitur yang sama saat akun baru dibuat. Sebagian besar pengguna tidak terlalu memikirkan untuk membuat kata sandi yang lebih rumit. Nah, dengan cara ini, lebih banyak orang didorong untuk melindungi akun mereka.

Fitur itu juga dapat memperpanjang ke kata sandi yang sudah ada. Bahkan, jika Anda telah memegang akun selama bertahun-tahun, indikator kekuatan kata sandi akan memberi tahu apakah kata sandi yang Anda gunakan lemah atau tidak ketika Anda mencoba mengubahnya karena alasan apa pun. Jika yang Anda akan gunakan tidak dianggap cukup kuat, Anda selalu dapat memperbaruinya ke kata sandi yang lebih rumit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement