Selasa 26 Jul 2022 20:16 WIB

Minyak Zaitun Bisa Rusak Wajan Antilengket?

Minyak zaitun disarankan tidak digunakan untuk memasak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Wajan antilengket. Minyak zaitun tidak direkomendasikan untuk dipakai memasak dengan wajan antilengket.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Wajan antilengket. Minyak zaitun tidak direkomendasikan untuk dipakai memasak dengan wajan antilengket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan peralatan dapur mewah asal Prancis, Le Creuset, mengimbau agar para konsumen mereka tidak menggunakan minyak zaitun saat menggunakan wajan antilengket. Imbauan tersebut diberikan karena penggunaan minyak zaitun dinilai dapat merusak wajan antilengket.

"Kami direkomendasikan untuk menggunakan minyak dengan titik asap yang lebih tinggi seperti minyak rapeseed, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari," jelas seorang konsumen Le Creuset, seperti dilansir Express, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga

Menurut keterangan dari Le Creuset, minyak zaitun memiliki titik didih yang sangat rendah. Akibatnya, ketika minyak zaitun digunakan untuk memasak, selaput kecokelatan bisa terbentuk pada wajan antilengket dan menjadi pemisah antara makanan dan wajan.

Anjuran yang sama juga disampaikan oleh toko John Lewis. Konsumen mereka disarankan untuk tidak menggunakan minyak zaitun saat memasak dengan wajan keramik.

"Kami memberi nasihat kepada konsumen bahwa minyak zaitun bisa terkarbonasi pada wajan keramik, meninggalkan semacam residu," jelas pihak John Lewis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement