Rabu 27 Jul 2022 06:51 WIB

Baznas  Berikan Pembinaan bagi Peserta Beasiswa Cendekia Baznas  Al-Azhar Mesir

Baznas  masuk tiga besar pemberi beasiswa terbanyak mahasiswa Universitas Al-Azhar.

Red: Irwan Kelana
Baznas RI  memberikan pembinaan bagi 97 peserta Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Al-Azhar Mesir angkatan  ke-1 (2019) dan angkatan ke-2 (2021) secara online melalui zoom meeting pada Senin (25/7/2022) .
Foto: Dok Baznas
Baznas RI memberikan pembinaan bagi 97 peserta Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Al-Azhar Mesir angkatan ke-1 (2019) dan angkatan ke-2 (2021) secara online melalui zoom meeting pada Senin (25/7/2022) .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) memberikan pembinaan bagi 97 peserta Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Al-Azhar Mesir angkatan  ke-1 (2019) dan angkatan ke-2 (2021) secara online melalui zoom meeting pada Senin (25/7/2022)  mulai  pukul 13.30 WIB atau 08.30 Waktu Mesir dengan tema “Bangga Menjadi Keluarga Besar Baznas”.

Turut hadir pada pembinaan ini Saidah Sakwan MA, pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan; KH  Achmad Sudrajat  Lc MA, pimpinan Baznas  RI Bidang Koordinasi Zakat Nasional; Prof Bambang Suryadi  PhD, atase pendidikan dan kebudayaan KBRI, Cairo, Mesir beserta tim;  Farid Septian, kepala Divisi Pendidikan dan Dakwah Baznas  RI;  Sri Nurhidayah SH MSi, kepala Beasiswa Baznas  beserta tim Pendidikan dan Dakwah Baznas  RI; para pengurus Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir dan peserta BCB Al-Azhar.

Acara dibuka oleh Suli Hendra selaku MC dan merupakan koordinator Beasiswa Luar Negeri, dan dilanjutkan dengan sambutan Farid Septian. “Sebanyak 97 peserta Beasiswa Baznas  adalah adik-adik pilihan dan alhamdulillah banyak prestasi yang ditorehkan. Baik dalam bidang akademik yang meraih nilai Mumtaz dan peraih 5 besar nilai tertinggi di fakultas dan juga menjuarai berbagai kompetisi di tingkat kampus dan di luar kampus,” ungkap Farid pada sambutannya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (25/7/022).

Prof Bambang selaku atase pendidikan dan kebudayaan KBRI, Cairo, Mesir menambahkan pada sambutannya bahwa para mahasiswa Indonesia di Mesir memberikan prestasi yang sangat baik dan menjadi duta bagi bangsa Indonesia. 

”Baznas  masuk ke dalam tiga besar pemberi beasiswa terbanyak untuk mahasiswa Universitas Al-Azhar, Cairo,  Mesir. Pemberian beasiswa oleh Baznas adalah solusi yang tepat, sehingga para mahasiswa bisa konsentrasi dalam menuntut ilmu, belajar dengan nyaman, tenang dan berprestasi," ucap Prof  Bambang.

Saidah Sakwan pada sambutannya menyampaikan bahwa para peserta BCB Al-Azhar Mesir ini ke depan dapat menjadi para pemimpin baru Indonesia. “Kita ingin mempersiapkan kalian pemegang estafet kepemimpinan Indonesia. Seorang pemimpin yang memiliki kompetensi yang mumpuni, standar religiulitas dan keilmuan Islami yang mumpuni. Insya Allah indonesia akan lebih baik,” ujar Saidah Sakwan.

Di samping itu,  ia juga menambahkan bahwa visi Baznas menjadi lembaga utama menyejahterakan umat. Salah satu kesejahteraan Indonesia adalah bonus demografi. Bonus demografi ini dapat menjadikan opportunity dengan meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. 

“Baznas  ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Al-Azhar, Cairo,” kata Saidah Sakwan.

Pada penyampaian materi,  KH Achmad Sudrajat Lc  MA menjelaskan secara lengkap terkait Baznas  baik terkait pengelolaan zakat yang meliputi  3 Aman (yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI), penghargaan yang didapatkan dan lainnya.

"Rajin belajar dan membangun kompetensi wajib dilakukan teman-teman mahasiswa. Selain wajib,  hal itu harus berimbang juga. Sehingga,  nanti selepas lulus dari kuliah di Al-Azhar, teman-teman tidak hanya sekedar belajar, tetapi juga memiliki kecakapan khusus terkait keorganisasian maupun sejumlah prestasi," ujar  KH Achmad Sudrajat.

Para peserta yang hadir sangat antusias dan mengikuti pembinaan dengan baik dan aktif bertanya kepada narasumber. Salah satunya  seperti yang disampaikan oleh Lalu Ardi Ainurrahman,  “Bagaimana cara meningkatkan kualitas dan potensi diri menjadi pribadi yg lebih baik sesuai Manhaj Belajar Azhari dalam menempuh pendidikan serta motivasi-motivasi yg bisa membangkitkan semangat kami?”

Sri Nurhidayah mengatakan, pembinaan ini adalah langkah untuk menguatkan para peserta beasiswa tentang Baznas  dan memberikan informasi secara lengkap terkait Baznas  kepada para peserta beasiswa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement