Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

 

5 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bendungan Pengendali Banjir Jakarta Bakal Rampung Tahun Ini

Rabu 27 Jul 2022 00:46 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya

Pekerja menyelesaikan pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ilustrasi).

Pekerja menyelesaikan pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ilustrasi).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Bendungan pengendali banjir Jakarta ini salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Proyek Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor. Proyek tersebut sedang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero). 

 

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengaku ingin memastikan pembangunan bendungan pengendali banjir Jakarta ini sesuai dengan rencana. "Nantinya bendungan yang ditargetkan tahun ini rampung dan akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dapat menjadi solusi tepat bagi penanganan banjir, terlebih pada musim hujan," ujar Kang Emil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas mengatakan Bendungan Ciawi berbeda dengan bendungan pada umumnya. Anas menyebut bendungan ini nantinya akan difungsikan sebagai penahan air, karena bendungan ini tidak memiliki turbin atau pintu air dan baru digenangi air pada musim hujan saja.

"Saat kemarau, bendungan ini akan kering," ujar Anas.

Anas menambahkan, bendungan yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki kapasitas volume menampung air sebanyak 6,05 juta meter kubik dan luas genangan 39,40 hektare. Ia menilai bendungan ini mampu mengendalikan dan mengurangi banjir hingga 111,75 meter kubik per detik.

"Sehingga diharapkan pada periode curah hujan tinggi, bendungan ini akan mampu menahan kelebihan air dan mengalirkannya secara terkontrol," lanjut Anas.

Anas mengatakan kehadiran Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir di pintu air Manggarai, Jakarta Pusat hingga 11,9 Persen. Kata Anas, bendungan yang didesain untuk mengurangi debit banjir di Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendungan Katulampa yang mengalir ke Sungai Ciliwung, nantinya selain menjadi pengendali banjir, bendungan kering garapan Brantas Abipraya ini juga akan dijadikan lokasi konservasi sumber daya air.

"Lokasinya yang berada di Ciawi, Bogor ini pun akan membuat Bendungan Ciawi berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat," sambung Anas.

Anas menambahkan, Brantas Abipraya juga akan menyiapkan spot-spot untuk swafoto dan jogging track agar kekinian dan instagramable.“Sebagai agen pembangunan, Brantas Abipraya optimistis bendungan ini akan tuntas dengan mutu dan kualitas yang baik. Inipun merupakan komitmen Brantas Abipraya untuk selalu ada untuk Indonesia, berkontribusi dalam penanganan banjir di Jakarta bila terjadi curah hujan yang tinggi," kata Anas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile