Rabu 27 Jul 2022 08:42 WIB

Inovasi Kunci Keberhasilan Pelaku Ekonomi Kreatif Hadapi Era Disrupsi 

Ekonomi kreatif diyakini masih bisa menjadi salah satu pendongkrak ekonomi

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif diyakini masih bisa menjadi salah satu pendongkrak ekonomi
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif diyakini masih bisa menjadi salah satu pendongkrak ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, DEMAK— Terus berinovasi adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan era disrupsi. Para pelaku ekonomi kreatif pun diimbau terus melakukan inovasi dan adaptasi. 

“Saya melihat memang ini waktunya kita para entrepreneur beradaptasi dengan dinamika yang terjadi, berani mengambil risiko, dan bersikap pro aktif,“ kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat menghadiri acara Kelana Nusantara di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022).  

Baca Juga

Selain meningkatkan inovasi dan adaptasi, mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini juga mendorong para pelaku ekonomi kreatif agar dapat berkolaborasi dengan semua pihak menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi Indonesia. 

“Sektor ekonomi kreatif adalah ujung tombok kebangkitan ekonomi Indonesia. Kami harap forum ini bisa menjadi cikal bakal bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berjejaring mengembangkan sektor ekonomi kreatif, khususnya di Kabupaten Demak sehingga dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” ungkap Sandi.    

Lebih lanjut Sandi mengatakan tidak hanya sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, kegiatan Kelana Nusantara ini dimaksudkan sebagai wadah untuk mensosialisasika Strategi Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif atau KaTa Kreatif bersama 2 program lainnya, yaitu Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang merupakan unggulan Kemenparekraf dua tahun terakhir. 

“Saya hadir di sini karena ingin mendengarkan ide-ide kreatif, membuka jejaring, sekaligus mengajak Pemerintah Kabupaten Demak untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media (ABCGM) dengan terus menghadirkan gelaran yang mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara, serta merangkul pelaku ekonomi kreatif untuk terus bangkit bersama,” ujar Sandi. 

Kemenparekraf/Baparekraf juga berharap upaya pengembangan subsektor ekonomi kreatif unggulan ini dapat terus menciptakan peluang untuk menggerakkan perekonomian rakyat, sehingga industri ekonomi kreatif dapat terbangun dengan ide dan konsep menarik berbasis ke-khas-an daerahnya. 

“Sekali lagi saya harap melalui kegiatan hari ini para pelaku ekonomi kreatif, pemilik usaha berskala UMKM, pengusaha ataupun komunitas bisa mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan ide/gagasan kreatif sehingga dapat terus menghasilkan karya dan turut andil dalam membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujar dia.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement