Rabu 27 Jul 2022 14:47 WIB

Virtual Job Fair Kota Tangerang Serap Lebih dari 10 Ribu Pekerja

Virtual job fair terbaru di Kota Tangerang akan diadakan pada Kamis, 28 Juli 2022.

Rep: Eva Rianti / Red: Nur Aini
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan saat job fair, ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan saat job fair, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggelar rutin agenda virtual job fair atau bursa kerja virtual di wilayahnya. Agenda yang telah digelar sejak 2020 tersebut diklaim telah mampu menyerap lebih dari 10 ribu pekerja.

"Virtual job fair sudah menyerap 10.139 pencari kerja, dengan rincian 9.547 warga Kota Tangerang dan 592 pencari kerja dari luar Kota Tangerang," ujar Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan, Rabu (27/7/2022). ]=

Baca Juga

Ujang menuturkan, agenda virtual job fair terbaru di Kota Tangerang akan diadakan pada Kamis, 28 Juli 2022. Virtual job fair yang merupakan ke-23 kalinya itu membuka lebih dari 700 lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja. 

"Virtual Job Fair besok, Disnaker membuka 783 lowongan dengan 64 formasi jabatan dari 18 perusahaan. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikannya, untuk lulusan SMP ada 20 lowongan, SMA/SMK ada 555 lowongan, lulusan D3 dengan 168 lowongan dan lulusan S1 dengan 40 lowongan," kata Ujang. 

Dia menyebut, lowongan pekerjaan yang hadir tidak main-main, terlebih datang dari belasan perusahaan besar di Kota Tangerang. Salah satunya yakni PT Gajah Tunggal, Tbk dengan membuka lowongan posisi Assistance Manager Learning, Office Administration Staff, Internal Auditor, HR Operation Supervisor, Digital Marketing Manager hingga Driver Truck.

Secara teknis, tata cara mendaftar virtual job fair yakni melalui aplikasi Tangerang Live. Para pencari kerja bisa meng-klik layanan ketenagakerjaan dan memilih Tangerang Cakap Kerja, lalu fitur Job Fair dan dilanjutkan melengkapi data diri. 

"Sedangkan, untuk mengetahui daftar lowongan, klik lowongan daftar yang tersedia, setelah itu masuk area job fair, pilih daftar lamaran lalu pilih lamar di area Job Fair. Pilih lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi diri. Pastikan, akun Tangerang Live sudah registrasi dan terverifikasi," terangnya. 

Kegiatan Virtual Jobfair yang sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun tersebut dinilai menjadi salah satu solusi menekan angka pengangguran akibat dampak dari pandemi Covid-19, serta menjadi jembatan para pencari kerja dengan para pemberi kerja di wilayah Kota Tangerang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement