Rabu 27 Jul 2022 16:26 WIB

Eco Bhinneka Muhammadiyah Rawat Kerukunan Lestarikan Lingkungan

Eco Bhinneka merupakan program yang dikembangkan Muhammadiyah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
JAKARTA -- Eco Bhinneka Muhammadiyah menggelar workshop
Foto: Republika/Muhyiddin
JAKARTA -- Eco Bhinneka Muhammadiyah menggelar workshop "Kesalehan Lingkungan dan Praktik Pembelajaran Lintas Agama" pada Rabu (27/7/2021).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- JAKARTA -- Eco Bhinneka Muhammadiyah menggelar workshop "Kesalehan Lingkungan dan Praktik Pembelajaran Lintas Agama" pada Rabu (27/7/2021). Dalam workshop ini, Eco Bhinneka Muhammadiyah menghadirkan narasumber dari lintas agama untuk merawat kerukunan dan melestarikan lingkungan. 

Eco Bhinneka merupakan program yang sedang dikembangkan dan dijalankan oleh Muhammadiyah, yang bertujuan merawat kerukunan melalui aksi-aksi pelestarian lingkungan. Program ini diharapkan mampu membangun komunitas yang tangguh dan inklusif dengan melibatkan para tokoh agama secara berkelanjutan mendukung kebebasan beragama atau berkeyakinan.

Baca Juga

Direktur Regional Ashoka Indonesia, Nani Zulminarni mengatakan, sekarang ini agama mulai ditinggalkan oleh banyak negara-negara di dunia. Padahal, agamalah yang paling konsisten melakukan gerakan perubahan. Karena itu, menurut dia, komunitas agama dan keyakinan sangat penting untuk menjadi penggerak isu-isu kritikal, termasuk isu lingkungan. 

"Yang menarik Eco Bhinneka buat kami adalah Eco Bhinneka memperkenalkan pendekatan lintas iman untuk mencari persamaan dalam gerakan dengan mengedepankan isu lingkungan," ujar Nani saat menjadi pembicara dalam workshop "Kesalehan Lingkungan dan Praktik Pembelajaran Lintas Agama" di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2022).