Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

2 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sang Ibu Idap Skizofrenia, Nicolas Cage Ungkap Pengaruhnya pada Kepribadiannya

Rabu 27 Jul 2022 10:10 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Nicolas Cage. Tumbuh besar dengan ibu yang idap skizofrenia, Cage mengembangkan kepribadian superfrenetic.

Aktor Nicolas Cage. Tumbuh besar dengan ibu yang idap skizofrenia, Cage mengembangkan kepribadian superfrenetic.

Foto: EPA
Ibu Nicolas Cage bolak-balik dirawat di rumah sakit jiwa akibat skizofrenia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nicolas Cage merupakan salah satu aktor senior yang telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Academy Awards dan Golden Globe. Di balik kesuksesannya, pemeran film komedi aksi The Unbearable Weight of Massive Talent itu rupanya harus berjuang dengan masalah kesehatan mental selama masa pertumbuhannya.

Cage mengungkapkan bahwa ibunya mengidap skizofrenia. Sejak kecil, ia telah menyaksikan sang bunda bolak-balik masuk ke bangsal rumah sakit jiwa.

Baca Juga

"Ibu sering berada dalam kondisi kekambuhan yang bertahan selama bertahan bertahun-tahun," kata Cage.

Tumbuh besar dengan seorang ibu yang mengidap skizofrenia, Cage mengaku menjadi seorang superfrenetic. Ini mengacu pada kepribadian individu yang terlalu enerjik, serba cepat, dan aktif berkegiatan yang didorong oleh kecemasan. Kemampuannya sebagai aktor sangat membantu Cage menyalurkan perasaan dan hasratnya.

"Bagi saya, akting adalah cara mengambil energi destruktif dan melakukan sesuatu yang produktif dengannya, dan dengan cara itu cukup menyelamatkan hidup. Alih-alih menyalurkannya kepada diri sendiri atau orang, saya meluapkan ekspresi marah atau sedih ke dalam film dan menciptakan karakter," kata Cage, seperti dilansir  laman Express, Rabu (27/7/2022).

Berbicara tentang ibunya, Cage mengatakan bahwa sang ibu yang telah meninggal pada Juni 2021 itu pernah dirawat di rumah selama bertahun-tahun dan menjalani berbagai terapi. Menurut Cage, ibunya kerap mengatakan hal yang paling menakjubkan sekaligus menakutkan.

"Saya ingat ibu menakut-nakuti saya dengan lilin pada pesta ulang tahun. Saya mencoba melarikan diri, tetapi dia akan membuat saya kembali. Semua hal itu berdampak padaku, tapi itu sangat indah," kata Cage.

Setelah dewasa, Cage berusaha agar ibunya tak sering kambuh. Dia tak ingin ibunya kembali masuk rumah sakit jiwa.

"Dia tidak pernah ingin menyakiti siapa pun. Bagian tersulit adalah melihat seseorang yang saya cintai menderita," tutur aktor kelahiran 7 Januari 1964 itu.

Skizofrenia digambarkan oleh National Institute of Mental Health (NIH) sebagai penyakit mental serius yang memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. Penyebab pasti dari kondisi ini tidak diketahui, tetapi sebagian besar peneliti percaya bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh kombinasi faktor genetik atau lingkungan.

Selain itu, diperkirakan bahwa beberapa orang lebih rentan untuk mengembangkan skizofrenia. Situasi tertentu dapat memicu kondisi seperti peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau penyalahgunaan obat.

Meskipun setiap penderita skizofrenia terpengaruh secara berbeda, gejalanya dapat menyulitkan mereka untuk berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Karenanya penting untuk mengenali gejala, mencari bantuan medis, dan memilih metode pengobatan yang tersedia sedini mungkin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile