Rabu 27 Jul 2022 20:13 WIB

Megahnya Gerbang Amsterdam di Batavia pada Zaman Kuda Gigit Besi

Gerbang Amsterdam merupakan pintu gerbang untuk memasuki Kota Batavia dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Rep: Kurusetra/ Red: Partner
.
Foto: network /Kurusetra
.

Gerbang Amsterdam. Gerbang Amsterdam merupakan pintu gerbang untuk memasuki Kota Batavia dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Foto: IST.
Gerbang Amsterdam. Gerbang Amsterdam merupakan pintu gerbang untuk memasuki Kota Batavia dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Inilah Benteng (poort) Amsterdam di Pasar Ikan, Jakarta Utara yang pernah menghiasi Ibu Kota selama lebih dari dua ratus tahun. Tapi sejak tahun 1950 telah dihancurkan karena dianggap mengganggu lalu lintas yang kala itu mulai banyak kendaraan bermotor di Jakarta.

Letak benteng atawa pintu gerbang Amsterdam dibangun di bagian selatan kastil Batavia yang berhadapan dengan pelabuhan Sunda Kalapa. Kastil termasuk kediaman gubernur jenderal dan staf, telah dihancurkan Gubernur Jenderal Daendels (1808-1811). Kemudian dia memindahkan Ibu Kota ke Weltevreden sekitar Gambir dan Lapangan Banteng. Tapi pintu gerbang yang letaknya di sebelah utara Stadhuis (kini Museum Sejarah DKI Jakarta) luput dari penghancuran.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Kesal Jalan-Jalan ke Jakarta, Kencing Saja Ternyata Harus Bayar Mahal

Benteng yang terletak di dalam kota Batavia yang bertembok, pertama kali dibangun pada abad ke-17 dalam berbagai bentuk sebelum seperti yang terlihat di foto yang diabadikan akhir abad ke-19. Benteng Amsterdam direnovasi dengan gaya roboco pada masa gubernur jenderal keturunan Jerman, Baron van Imhoff (1743-1750).