Rabu 27 Jul 2022 21:02 WIB

Kemenag Dorong KUA Aktif Selesaikan Empat Persoalan Bangsa

KUA diminta aktif menyelesaikan persoalan bangsa di bidang keluarga dan agama

Red: Christiyaningsih
Bimtek Fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Calon Pengantin (Catin) Angkatan 3 di Hotel Orchardz Industri, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).
Foto: Kemenag
Bimtek Fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Calon Pengantin (Catin) Angkatan 3 di Hotel Orchardz Industri, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasubdit Bina Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Agus Suryo Suripto, mendorong KUA aktif menyelesaikan empat persoalan bangsa. Suryo menyampaikan ini dalam Bimtek Fasilitator Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Calon Pengantin (Catin) Angkatan 3 di Hotel Orchardz Industri, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).

Persoalan pertama, tutur Suryo, masih banyaknya perkawinan anak. Mantan kakankemenag Kabupaten Banjarnegara ini menyebut angka perkawinan anak sebesar 11,28% dari 2 juta pernikahan setiap tahun. "Persoalan kedua, stunting. Satu dari empat anak Indonesia mengalami stunting. Stunting berdampak buruk pada masa depan berupa lahirnya generasi yang tidak berkualitas," tambahnya. 

Baca Juga

Tingginya angka perceraian merupakan persoalan ketiga yang dihadapi bangsa ini. Suryo menyebut, perceraian di Indonesia mencapai 28,4% dari jumlah pernikahan. "Keempat, persoalan besar yang dihadapi bangsa ini berupa kemiskinan ekstrem. Ini terjadi karena gizi buruk, kesehatan buruk, dan pengasuhan yang buruk," katanya. 

Di hadapan 110 peserta yang merupakan Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh Agama, dan anggota Ormas Islam ini, Suryo mengajak seluruh pihak bergandengan tangan menyelesaikan persoalan. "Jangan hanya sibuk mencatat nikah dan rujuk, tetapi aktiflah menyelesaikan berbagai persoalan bangsa terutama di bidang keluarga dan agama," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement