Kamis 28 Jul 2022 06:27 WIB

Kabupaten Tangerang Masih Temukan Kosmetik tanpa Izin Edar dan Kedaluwarsa

Kosmetik tanpa izin edar dan kedaluwarsa masih beredar di pasaran.

Red: Nora Azizah
Kosmetik tanpa izin edar dan kedaluwarsa masih beredar di pasaran (Foto: ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kosmetik tanpa izin edar dan kedaluwarsa masih beredar di pasaran (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Tangerang, Banten, menemukan berbagaiitem produk kosmetik kecantikan yang beredar di sejumlah retail di daerah itu tanpa izin edar dan kedaluwarsa. "Loka POM Kabupaten Tangerang melakukan pemeriksaan ke tiga sarana peredaran kosmetik di Kecamatan Curug. Dan hasil pemeriksaan tersebut ditemukan 31 item kosmetik tanpa izin edar dan 6 item kosmetik kedaluwarsa," kata Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang, Wydia Savitri di Tangerang, Rabu (27/7/2022).

Ia mengatakan, dari hasil penyisiran oleh petugas di lapangan menemukan toko yang masih menjual kosmetik dengan tanpa izin edar (TIE) dan juga kosmetik yang sudah habis masa kadaluarsanya. Loka POM langsung memberikan teguran, pembinaan dan sosialisasi kepada para pedagang guna memperhatikan perbuatannya yang dapat merugikan para konsumen.

Baca Juga

"Terhadap penjual diberikan pembinaan untuk tidak melakukan pengadaan dan menjual produk tanpa izin edar maupun kadaluwarsa itu," ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat, khususnya warga Kabupaten Tangerang untuk berhati-hati dalam memilih dan membeli produk kosmetik yang beredar di pertokoan maupun pasaran. Selain itu, pihaknya menyarankan agar masyarakat mengecek terlebih dahulu kemasan label sebelum membeli produk.

"Mari menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih kosmetik aman sebelum digunakan dengan menerapkan CEK KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement