Kamis 28 Jul 2022 01:56 WIB

Ferrari Bidik Finis 1-2 di GP Hungaria

Ferrari tertinggal 82 poin di klasemen konstruktor Formula Satu (F1).

Red: Israr Itah
Pembalap Formula Satu Charles Leclerc dari Scuderia Ferrari (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Pembalap Formula Satu Charles Leclerc dari Scuderia Ferrari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ferrari memasang target finis 1-2 di Hungaria pada akhir pekan ini untuk mengobati kekecewaan Charles Leclerc yang gagal finis di Prancis pada pekan lalu. Leclerc mengakui ia melakukan kesalahan saat memimpin lomba di Le Castellet sehingga pembalap Monako itu harus mendapati dirinya kini 63 poin di belakang pemuncak klasemen sementara Max Verstappen dari tim Red Bull. Ferrari juga tertinggal 82 poin di klasemen konstruktor.

"Kami ingin membalikkan keadaan dan membidik Hungaria dan melakukan (finis) 1-2 di sana," kata bos tim Ferrari Mattia Binotto seperti dikutip Reuters, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga

"Banyak alasan kenapa kami harus tersenyum. Tujuan kami bukan menang tapi satu-dua. Tidak ada alasan kenapa tidak memenangi 10 balapan mulai dari sekarang."

Ferrari memulai musim ini dengan finis 1-2 di Bahrain tapi belum mengulangi lagi capaian itu, meski mendapati dua pembalap mereka di podium sebanyak dua kali yaitu di Arab Saudi dan Miami. Leclerc, meski meraih tujuh pole, gagal menyelesaikan lomba saat memimpin di tiga balapan sedangkan rekan satu timnya, Carlos Sainz mengalami empat DNF dalam 12 balapan.

Red Bull memprediksi Hungaria, di mana cuaca lagi-lagi akan panas dan manajemen ban menjadi kunci, akan menguntungkan kekuatan tim rival mereka. "Saya tidak menganggap Hungaria secara khusus sebagai trek terbaik kami karena saya kira kami sedikit kekurangan downforce dibandingkan Ferrari, dan itulah yang dibutuhkan untuk balapan di sana," kata Verstappen.

Bos tim Red Bull Christian Horner setuju dengan hal itu dan mengatakan Hungaroring akan lebih menguntungkan kekuatan Ferrari daripada Red Bull. Grand Prix Hungaria akan menjadi balapan terakhir di paruh pertama musim sebelum jeda pada Agustus, sementara Verstappen dipastikan tetap memegang kendali klasemen hingga September.

Ferrari terakhir kali menang di Hungaria lewat Sebastian Vettel yang sukses memimpin finis 1-2 dengan Kimi Raikkonen pada 2017. Leclerc mengalami tabrakan di tikungan pertama balapan tahun lalu dengan mobil Aston Martin Lance Stroll sedangkan Sainz finis ketiga.

Esteban Ocon mempersembahkan kemenangan bagi tim Alpine, kemenangan pertama dalam karier sang pebalap Prancis, setelah mengalahkan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton dari tim Mercedes, yang gagal mengonversi pole position.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement