Kamis 28 Jul 2022 08:17 WIB

Dua Studi Baru Perkuat Temuan Covid-19 Berasal dari Pasar Wuhan China

Temuan studi baru memperkuat bahwa Covid-19 tertular dari hewan ke manusia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Temuan studi baru memperkuat bahwa Covid-19 tertular dari hewan ke manusia.
Foto: STR/Reuters
Temuan studi baru memperkuat bahwa Covid-19 tertular dari hewan ke manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua studi baru memberikan lebih banyak bukti bahwa pandemi virus corona (Covid-19) berasal dari pasar Wuhan, China, yang dikenal dengan penjualan hewan hidup. Studi kali ini semakin memperkuat teori bahwa virus muncul di alam liar bukan dari laboratorium di China.

Penelitian yang dipublikasikan secara daring oleh jurnal Science menunjukkan bahwa Pasar Grosir Makanan Laut Huanan kemungkinan merupakan pusat awal dari pandemi Covid-19. Akibat wabah ini telah menewaskan hampir 6,4 juta orang di seluruh dunia. 

Baca Juga

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa virus yang menyebabkan Covid-19, SARS-CoV-2, kemungkinan menyebar dari hewan ke manusia dalam dua waktu yang berbeda.

“Semua bukti ini memberi tahu kita hal yang sama yaitu menunjuk tepat ke pasar khusus ini di tengah-tengah Wuhan,” kata Kristian Andersen, seorang profesor di Departemen Imunologi dan Mikrobiologi di Scripps Research,” seperti dikutip dari laman Pbs.org, Kamis (28/7/2022).

Andersen yang juga rekan penulis salah satu studi, cukup yakin dengan kebocoran lab sampai dia mempelajari lebih lanjut dengan sangat hati-hati dan melihatnya lebih dekat. Penelitian pertama menggabungkan data yang dikumpulkan oleh para ilmuwan China. Ahli biologi evolusi University of Arizona, Michael Worobey dan rekan-rekannya menggunakan alat pemetaan untuk memperkirakan lokasi lebih dari 150 kasus Covid-19 paling awal dan dilaporkan dari Desember 2019. 

Mereka juga memetakan kasus dari Januari dan Februari 2020 menggunakan aplikasi media sosial yang telah membuat saluran untuk orang dengan Covid-19 untuk mendapatkan bantuan.

“Dari semua lokasi di mana kasus awal bisa hidup, kami bertanya di mana mereka tinggal? Dan ternyata ketika kami dapat melihat ini, ada pola luar biasa di mana kepadatan kasus tertinggi sangat dekat dan sangat terpusat di pasar ini,” kata Worobey pada konferensi pers. 

Ada indikasi bahwa virus mulai menyebar pada orang-orang yang bekerja di pasar tetapi kemudian mulai menyebar ke komunitas lokal. Peneliti menemukan klaster kasus di dalam pasar, dan pengelompokan itu sangat khusus di bagian pasar yang menjual satwa liar, seperti anjing rakun, yang rentan terhadap infeksi virus corona. 

Dalam studi lain, para ilmuwan menganalisis keragaman genom virus di dalam dan di luar China dimulai dengan genom sampel paling awal pada Desember 2019 dan berlanjut hingga pertengahan Februari 2020. Mereka menemukan bahwa dua garis keturunan – A dan B – menandai awal pandemi di Wuhan. 

Rekan penulis studi Joel Wertheim, seorang ahli evolusi virus di University of California, San Diego, menunjukkan bahwa garis keturunan A lebih mirip secara genetik dengan virus corona kelelawar, tetapi garis keturunan B tampaknya mulai menyebar lebih awal pada manusia, terutama di pasar.

Banyak ilmuwan percaya virus melompat dari kelelawar ke manusia, baik secara langsung atau melalui hewan lain. Tetapi pada bulan Juni, Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan penyelidikan lebih dalam tentang dugaan kebocoran dari laboratorium. Kritikus mengatakan WHO terlalu cepat untuk mengabaikan teori kebocoran laboratorium.

Asal usul pandemi tetap kontroversial. Beberapa ilmuwan percaya kebocoran laboratorium lebih mungkin terjadi dan yang lain tetap terbuka untuk kedua kemungkinan tersebut. Tetapi Matthew Aliota, seorang peneliti di perguruan tinggi kedokteran hewan di University of Minnesota, mengatakan sepasang penelitian itu semacam menghentikan hipotesis kebocoran laboratorium.

“Kedua studi ini benar-benar memberikan bukti kuat untuk hipotesis asal alami,” kata Aliota, yang tidak terlibat dalam kedua studi tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement