Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Perkuat Peran Masjid, Kemenag akan Gelar Festival Masjid Nasional Tahun 2022

Kamis 28 Jul 2022 07:37 WIB

Red: Christiyaningsih

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, menjelaskan agenda Festival Masjid Nasional 2022.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, menjelaskan agenda Festival Masjid Nasional 2022.

Foto: Kemenag
Festival Masjid Nasional akan dibuka pada pertengahan Agustus 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Festival Masjid Nasional tahun 2022. Sesuai rencana, festival yang baru pertama kali digelar ini akan dibuka pada pertengahan Agustus 2022 mendatang.

 

"Kita akan menyelenggarakan Festival Masjid Nasional. Festival ini bertujuan memperkuat peran masjid dalam berbagai sisi," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga

Adib menjelaskan, puncak Festival Masjid Nasional tahun 2022 akan beriringan dengan peresmian Masjid Muhammad Bin Zayed (MBZ) Solo yang dirancang mirip Grand Mosque di Abu Dhabi. Peresmian dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) selaku Putra Mahkota Abu Dhabi pada November mendatang.

"Jadi puncak Festival Masjid Nasional akan beriringan dengan peresmian Masjid MBZ. Kita berharap peran masjid semakin kuat sebagai pusat perkembangan ekonomi umat, pusat kreativitas, pusat peningkatan literasi umat melalui masjid, dan peran lainnya," jelasnya.

Adib berharap melalui acara ini masyarakat kembali ke masjid memperkuat kohesi sosial, terutama menghadapi event-event politik, karena tidak jarang masjid dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. Menurutnya, jika kondisi itu dibiarkan maka akan menimbulkan segregasi sosial.

"Jangan sampai kepentingan politik praktis itu masuk ke masjid. Itu jangan sampai terjadi. Jadi bagaimana kita menjadikan masjid sebagai pemersatu umat, bukan pemecah belah," kata Adib.

Koordinator Fungsi Kepustakaan Islam Kemenag sekaligus penggagas acara ini, Abdullah Alkholis, menambahkan dalam mempersiapkan suksesnya kegiatan ini Kemenag menggelar diskusi Penyusunan Naskah Festival Masjid Nasional di Tangerang pada Senin-Rabu, 25-27 Juli 2022. "Kita menggelar diskusi untuk mematangkan naskah Festival Masjid Nasional. Misalnya nanti pembahasan teknis pelaksanaan, termasuk syarat peserta, dan lain-lain. Sesuai rencana, kita akan menggulirkan acara ini sebagai agenda rutin tahunan," katanya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile