Kamis 28 Jul 2022 17:18 WIB

Minions: The Rise of Gru Raih Pendapatan Global Hampir Rp 9 Triliun

Pendapatan film Minions: The Rise of Gru bisa terus bertambah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film Minions: The Rise of Gru menjadi film animasi era pandemi pertama yang melewati angka pendapatan 300 juta dolar AS (Rp 4,48 triliun) di box office Amerika. (ilustrasi)
Foto: Universal Pictures
Film Minions: The Rise of Gru menjadi film animasi era pandemi pertama yang melewati angka pendapatan 300 juta dolar AS (Rp 4,48 triliun) di box office Amerika. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Minions: The Rise of Gru menjadi film animasi era pandemi pertama yang melewati angka pendapatan 300 juta dolar AS (Rp 4,48 triliun) di box office Amerika. Film tersebut baru-baru ini mengumpulkan lebih dari 600 juta dolar AS (Rp 8,95 triliun) di box office global.

Pendapatan Rise of Gru bisa terus bertambah, bahkan menghasilkan jutaan selama akhir pekan keempat yang kuat dengan penerimaannya yang menjanjikan. Saat ini, jumlah penghasilan film tersebut ada di tempat ketiga di antara deretan film animasi Universal.  

Baca Juga

Sinema besutan Illumination Entertainment dan Universal itu merupakan sekuel dari spin-off bertajuk Minions (2015) dari seri Despicable Me yang menjadikannya rilisan kelima dari waralaba tersebut. Plot mengikuti Gru (Steve Carell) saat masih berusia 11 tahun.

Sebelum berstatus penjahat super, Gru bercita-cita menjadi bagian dari kelompok penjahat favoritnya, Vicious Six. Grup itu mencari anggota baru setelah pendiri mereka, Wild Knuckles (Alan Arkin), diduga meninggal dunia. 

Setelah mengikuti wawancara dan gagal, Gru mencuri Batu Zodiak dengan bantuan beberapa Minion. Kecelakaan dan kegilaan terjadi, hingga akhirnya Gru menemukan dirinya ada di bawah pengawasan panutan penjahat favoritnya.

Film mendapat tinjauan beragam, di mana sebagian kritikus menyoroti popularitas karakter Gru dan Minion mungkin menurun. Ada anggapan anak-anak kecil akan menyukai film, tetapi orang tua mungkin menganggapnya membosankan.

Namun, klaim kritikus bahwa popularitas menurun mungkin salah karena kini muncul fenomena TikTok yang dikenal sebagai "#Gentleminions". Tren ini membuat orang-orang berdandan seperti Gru, menghadiri pemutaran film, dan bertindak mengganggu sepanjang pertunjukan.

Di samping Carell dan Arkin, Rise of Gru menampilkan Pierre Coffin sebagai The Minions, Taraji P Henson sebagai Belle Bottom, dan Michelle Yeoh sebagai Master Chow. Ada juga Julie Andrews sebagai ibu Gru, Russell Brand sebagai Nefario, dan Jean-Claude Van Damme sebagai Jean-Clawed, Dolph Lundgren sebagai Svengeance, Danny Trejo sebagai Stronghold, Lucy Lawless sebagai Nun-Chuck, serta Will Arnett sebagai Mr Perkins.

Film disutradarai oleh Kyle Balda dengan Brad Ableson dan Jonathan del Val sebagai co-director. Matthew Fogel mengadaptasi skenario dari cerita yang ditulis oleh Brian Lynch dan Matthew Fogel. Produser eksekutif termasuk Brett Hoffman dan Latifa Ouaou. Produser dan produser asosiasi termasuk Jean-Luc Florinda, Janet Healy, Christopher Melendandri, Chris Renaud, dan Robert Taylor.

Dilansir laman Collider, Kamis (28/7/2022), selain Rise of Gru, ada sejumlah film lain yang melampaui total box office domestik 300 juta dolar AS selama pandemi. Sebut saja Spider-Man: No Way Home (800 juta dolar AS), Top Gun: Maverick (637 juta dolar AS), Doctor Strange in the Multiverse of Madness (411 juta dolar AS), The  Batman (369 juta dolar AS), dan Jurassic World Dominion (366 juta dolar AS).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement