Jumat 29 Jul 2022 00:59 WIB

 Tiga Cara Menghasilkan Uang Tambahan saat Pandemi Covid-19

Memiliki pekerjaan sampingan bisa hasilkan uang tambahan termasuk agen perbankan

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Karyawan melayani nasabah bank. ilustrasi. Memiliki pekerjaan sampingan bisa hasilkan uang tambahan termasuk agen perbankan
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Karyawan melayani nasabah bank. ilustrasi. Memiliki pekerjaan sampingan bisa hasilkan uang tambahan termasuk agen perbankan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sebanyak 29,4 juta orang di Indonesia merasakan dampak dari pandemi Covid-19, terutama dari sisi finansial. Adapun kondisi Pandemi Covid-19 juga membuat masyarakat semakin menyadari pentingnya kebutuhan memiliki dana darurat. 

Dana darurat biasa didapat dari menyisihkan sebagian dari penghasilan utama seseorang. Namun, tingginya biaya kebutuhan sehari-hari masih sering menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Kondisi inilah yang mendorong banyak masyarakat berpikir kreatif dan mengupayakan pekerjaan sampingan, untuk memiliki penghasilan tambahan. Memiliki pekerjaan sampingan memberikan banyak keuntungan lebih bagi mereka yang menjalankannya. 

Pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari mereka yang memang sudah bekerja, sampai ke mereka yang baru lulus kuliah, bahkan ibu rumah tangga.