Jumat 29 Jul 2022 16:36 WIB

Stasiun BNI City Siap Digunakan untuk Naik Turun Penumpang KRL Mulai Besok

Stasiun BNI City diharapkan membantu mengurai kepadatan penumpang di jam sibuk.

Red: Agus raharjo
Petugas membersihkan mesin tap in dan tap out di Stasiun BNI CIty, Jakarta, Kamis (28/7/2022). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menjadikan Stasiun BNI City yang sebelumnya hanya melayani penumpang kereta Bandara Soekarno Hatta, sebagai stasiun pemberhentian KRL Commuter Line.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Petugas membersihkan mesin tap in dan tap out di Stasiun BNI CIty, Jakarta, Kamis (28/7/2022). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menjadikan Stasiun BNI City yang sebelumnya hanya melayani penumpang kereta Bandara Soekarno Hatta, sebagai stasiun pemberhentian KRL Commuter Line.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--KAI Commuter menyampaikan Stasiun BNI City Jakarta Pusat bisa digunakan untuk aktivitas naik turun penumpang KRL Commuterline, mulai Sabtu (30/7/2022) besok. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menuturkan penggunaan Stasiun BNI City bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna KRL Jabodetabek.

"Jadi ini bagian dari peningkatan pelayanan KAI Commuter kepada pelanggan. Pengguna KRL punya alternatif naik dan turun di Stasiun Sudirman, BNI City, atau Karet," kata Anne dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga

Anne mengatakan, Stasiun BNI City akan meningkatkan konektivitas masyarakat dalam melakukan pergerakan ke berbagai lokasi di Ibu Kota. Selain itu, kehadirannya diharapkan dapat mendukung integrasi antarmoda dengan transportasi publik lainnya, antara lain Transjakarta, MRT Jakarta, hingga transportasi daring.

"Selanjutnya konektivitas akan terus dikembangkan. Kami intens komunikasi dengan Pemda, Operator, hingga Komunitas," ujarnya.

Lebih lanjut Anne mengungkapkan, pembukaan Stasiun BNI City diproyeksikan dapat membagi kepadatan di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet mencapai 40 persen, atau sekitar 9.000 hingga 10 ribu penumpang. Ia menyebut, saat ini Stasiun Sudirman melayani rata-rata penumpang sebanyak 17 ribu penumpang perhari.

Sementara pada masa normal mencapai 25 ribu penumpang. "Kemudian, saat ini Stasiun Karet melayani menuju 10 ribu penumpang per hari. Stasiun BNI City akan sangat membantu khususnya di jam-jam padat," katanya.

Anne menambahkan, KAI Commuter dan PT Railink (KAI Bandara) selaku pengelola Stasiun BNI City akan melakukan uji coba operasional selama sepekan, untuk selanjutnya dilakukan evaluasi. Pada kesempatan yang sama, Public Relations KAI Bandara, Diah Suryandari menyambut baik rencana penggunaan Stasiun BNI City untuk naik turun penumpang KRL.

Ia mengatakan, calon pengguna KA Bandara yang sebelumnya menggunakan KRL Jabodetabek dapat melakukan tap-out, dan kemudian tap-in untuk menggunakan layanan KA Bandara. "Salah satu benefitnya adalah memudahkan perpindahan moda transportasi. Tap-out di gate KRL dan langsung tap-in KA Bandara di stasiun yang sama," katanya.

Selain itu, pengguna KA Bandara juga dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau Kartu Bank Digital untuk melakukan transaksi pembayaran. Menurut dia, hal tersebut lebih mudah dan efisien dibanding melakukan pembelian tiket melalui vending machine. Diah menambahkan, selama masa uji coba tersebut, KA Bandara tetap melayani sebanyak 40 perjalanan per hari dengan rute Stasiun Manggarai-Bandara Soekarno Hatta PP.

"Adapun penerapan saldo minimal antara KRL Jabodetabek dengan KA Bandara memiliki perbedaan. Untuk KA Bandara minimal saldo Rp 70 ribu atau relasi terjauh," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement