Jumat 29 Jul 2022 16:45 WIB

Plt Bupati Bogor Kesal Merasa tidak Dihargai Para SKPD

Seharusnya perangkat daerah tidak memelihat secara subjektif siapa pemimpinnya.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Plt  Bupati Bogor Iwan Setiawan.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan merasa kesal lantaran sejumlah kepala dinas dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak hadir dan pergi meninggalkan ruangan tanpa izin. Hal itu terjadi dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional dan Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kabupaten Bogor di Auditorium Setda pada Kamis (28/7/2022).

“Kalau kecewa, unek-unek ya. Kalau saya kesal ya, marah lah karena (jabatan) Plt ini melaksanakan tugas seluruh kebupatian tanpa kecuali apapun yang menjadi tugas bupati saya yang handle (tangani). Tapi secara pribadi meng-handle terus perangkatnya tidak guyub,” keluh Iwan, Jumat (29/7/2022).

Iwan menegaskan, dirinya telah berusaha agar roda pemerintahan di Kabupaten Bogor terus berjalan apapun kendalanya. Seharusnya, para perangkat daerah tidak memelihat secara subjektif siapa pemimpinnya saat ini.

“Saya berusaha jalan apapun kendala dan sebagainya. Psikologis kita ini bahwa mereka adalah perangkat daerah siapun pemimpinnya ikutin. Itu baru bernegara yang benar," ucap dia. 

"Siapapun pimpinannya ikutin, jangan menilai pada subjekivitas. Objektifnya saya ditugaskan sebagai pelaksana tugas berdasarkan aturan atau Undang-Undang. Ikutin semua jangan punya pikiran yang lain-lain gitu,” tegasnya.

Bahkan, Iwan pun dengan tegas tidak segan untuk melakukan rotasi di jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor apabila diperlukan. Sebab, yang dibutuhkanya adalah SKPD yang memiliki tujuan sama.

“Jangan salahkan saya kalau suatu saat kami mengubah formasi, posisi supaya kru ini satu napas, satu suara, satu keinginan, satu langkah, dan satu frekuensi. Kalau masih begini jangan salahkan saya. Seandainya itu harus, kami akan laksanakan. Kalau masih bisa dibina ya kita bina, tapi kalau tidak bisa jangan salahkan saya ambil langkah-langkah kongkret membuat formasi dream tim berdasarkan selera berdasakan keinginan selama saya sebagai Plt,” ujarnya.

Di samping itu, Iwan menuturkan, amarahnya ini semata buka karena ingin dihormati sebagai Plt Bupati Bogor. Namun, lebih kepada etika dan menunjukan di mata publik bahwa perangkat daerah di Kabupaten Bogor saling dukung.

“Situasi kelihatannya belum stabil, belum kondusif. Keliatan dari kegiatan itu tidak ada satupun kepala dinas yang hadir atau meninggalkan acara tanpa izin dan belum selesai. Etikanya dimana gitu, minimal kalau keluar izin karena kita hadir ini buka saya mau dihormati, tapi biar di mata publik perangkat daerah pimpinan daerah itu saling mendukung,” pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement