Jumat 29 Jul 2022 17:38 WIB

Gubes Unair: Rekam Jejak Erick Thohir Jadi Magnet Elektoral Menuju Pilpres 2024

Erick Thohir termasuk tokoh yang namanya selalu berada di jajaran survei capres.

Red: Karta Raharja Ucu
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri). Erick Thohir termasuk tokoh yang namanya selalu berada di jajaran survei capres.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri). Erick Thohir termasuk tokoh yang namanya selalu berada di jajaran survei capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut akan diusung PAN pada Pilpres 2024. Wacana itu bergulir menyusul rekam jejak dan elektoral Erick Thohir yang bisa menjadi modal dan magnet elektabilitas. Guru Besar Universitas Airlangga (Unair), Prof Hotman Siahaan menilai elektabilitas Erick sebagai figur baru mampu menandingi tokoh-tokoh lama di perpolitikan Tanah Air.

Hotman menilai hal tersebut merupakan prestasi yang cemerlang. “Track record-nya cukup cemerlang dan itu menjadi modal bagi beliau maju sebagai presiden,” kata Hotman, Jumat (29/7/2022).

Selain itu, Hotman menilai Erick Thohir juga memiliki logistik untuk menopang kandidasi di Pilpres 2024. Modal tersebut, menurut dia sangat penting untuk bekal menghadapi riuhnya kontestasi pesta demokrasi lima tahunan sekali itu.

“Pak Erick Thohir termasuk tokoh yang namanya selalu berada di jajaran survei capres. Beliau juga memiliki modal financial yang besar, yang dibutuhkan untuk akomodasi kontestasi nanti. Saya kira, beliau sosok yang layak bertarung di Pilpres 2024 mendatang,” ujar Hotman.

Terakhir yang tak kalah pentingnya, Hotman menyebut track record Erick Thohir juga cukup cemerlang. Berbagai terobosan telah sukses dilakukan mantan presiden Inter Milan itu, sehingga BUMN banyak memberikan kontribusi optimal untuk masyarakat.

Mulai dari upaya bersih-bersih perusahaan-perusahaan pelat merah yang terus didorong Erick Thohir. Hingga, peningkatan laba BUMN yang melonjak di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

“Tentu baik masyarakat maupun elite partai melihat bagaimana Pak Erick Thohir telah sukses memimpin BUMN,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement