Sabtu 30 Jul 2022 04:37 WIB

Cak Nanto Didaulat Jadi Ketua Kelas Pemuda Negarawan Lintas Agama

Gus Yaqut harap poin deklarasi bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Red: Muhammad Fakhruddin
Pimpinan Organisasi Kepemudaan Deklarasi Pemuda Negarawan Lintas Agama di Medan
Foto: istimewa
Pimpinan Organisasi Kepemudaan Deklarasi Pemuda Negarawan Lintas Agama di Medan

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Sejumlah pimpinan organisasi kepemudaan melakukan Deklarasi Pemuda Negarawan Lintas Agama. Deklarasi digelar saat Silaturahmi Kebangsaan Pemuda Lintas Agama bertema "Pemuda Negarawan Lintas Agama Menuju Indonesia Emas 2045" di Taman Sadika Medan, Sumatra Utara, Jumat (29/7/2022).

Kegiatan ini dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara virtual. Selain itu juga terlihat hadir Wali Kota Medan Bobby Nasution. Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto didaulat sebagai ketua kelas Pemuda Negarawan Lintas Agama.

Baca Juga

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengaku bangga dengan Sunanto yang sudah menginisasi dan mengumpulkan semua para pemuda ini. Menurut Gus Yaqut, Silaturahmi Negarawan Lintas Agama ini luar biasa karena dua hal yang luar biasa dijadikan satu. Satu negarawan, satu lintas agama. "Kalau bukan sunanto saya rasa agak susah ini," kata Gus Yaqut dalam sambutan virtualnya.  

Maka, menurut Gus Yaqut, sudah sepantasnya Sunanto didaulat menjadi kepala suku, sekaligus ketua kelas. Gus Yaqut menyapa ketua umum Pemuda Muhammadiyah itu sebagai ketua kelas, ketua suku, sekaligus pemimpin masa depan. "Saya tidak tahu pemimpin apa tergantung yang dia lakukan. InsyaAllah jadi pemimpin sahabat Sunanto ini," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Gus Yaqut mengapresiasi langkah para pemimpin organisasi kepemudaan yang mendeklarasikan Pemuda Negarawan Lintas Agama di Medan Sumatra Utara. Pesan yang disampaikan bagaimana anak-anak muda ini benar-benar mampu bisa menjadi gantungan masa depan bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini. 

"Deklarasi yang luar biasa, apalagi yang hadir tokoh-tokoh muda. Yang saya yakin di tangan para anak muda ini Indonesia ke depan akan lebih baik," kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut berharap kegiatan ini tidak hanya dideklarasikan saja tapi juga bagaimana poin-poin yang dideklarasikan tadi bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bangsa dan negara. Menurut Gus Yaqut, pemuda sebagai garda terdepan bangsa ini harus sama-sama mengakui bahwa tidak ada hidup bersama yang tidak plural. "Hidup bersama itu pasti plural. Setiap fase sejarah selalu ditandai dengan kemajemukan dengan kebinekaan, dengan keberagaman," ujarnya. 

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto mengatakan pemimpin bangsa ini tidak hanya diam duduk di belakang dengan kenyamanannya tapi para pemimpin ini menunjukkan kesediaan dalam berjuang untuk mensejahterakan dan membangun bangsa. Menurut Cak Nanto, Kota Medan menjadi pilihan dalam Deklarasi Pemuda Negarawan Lintas Agama karena Kota Medan dan Provinsi Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi yang secara tolerasi dan keberagamaan nomor satu dan saling menghargai.

"Kami mendorong bahwa sebagai generasi pemuda lintas agama meninggikan kapasitas dan kemampuan dirinya untuk membangun bangsa ini dengan cita-cita luhur kebangsaan berdasarkan nilai-nilai keagamaan yang dianut bukan politik golongan," kata Cak Nanto. 

Cak Nanto berharap para Pemuda Negarawan Lintas Agama ini sebagai garda terdepan membangun bangsa. "Agar mengawal bangsa ini lebih harmonis dan lebih sejahtera," pungkasnya. 

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan selama Medan menyandang miniatur Indonesia, multietnis dan setiap etnisnya tentunya memiliki landasan ajaran keagamaan masing-masing. Selama ini, kata Bobby, belum ada konflik antara umat beragama yang terjadi di Kota Medan. "Mudah-mudahan hal ini bisa terus kita jaga kita jadikan landasan empirik," katanya.

Menurut Bobby untuk menuju Indonesia Emas 2045 yang dilakukan adalah bagaimana memastikan persatuan dan kesatuan terselenggara dengan baik. "Terutama bagaimana kerukunan antaragama seperti yang dikatakan Cak Nanto bagaimana kita dalam menjaga kemerdekaan ini juga menjaga melestarikan keberagaman itu sendiri," kata Bobby.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan Pancasila oleh Ketua Umum Gema Konghucu Kris Tan dan  pembacaan Sumpah Pemuda oleh Ketua Umum Gema Mathlaul Anwar Ahmad Nawawi. Dilanjutkan, Deklarasi sekaligus Peluncuran Program Pemuda Negarawan Menuju Indonesia Emas 2045 yang dibacakan secara bergantian oleh Bendahara Umum GP Ansor Addin Jauharudin, Ketua Umum GAMKI Willem Wandik, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Ketua Umum Gemabudhi Bambang Patijaya, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Ketua Umum PERADAH I Gede Ariawan, Ketua Umum GEMAKU Kirstan, Ketua Umum GPII Masri Ikoni, dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto. 

Isi Deklarasi itu yakni: 

Kami Pemuda Negarawan Lintas Agama: 

1. Memiliki pandangan Nasionalis dan Berketuhanan Yang Maha Esa serta menjadi garda depan dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. 

2. Memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan serta mengamalkan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

3. Mengedepankan nilai etik politik kebangsaan dan kenegarawanan yang merupakan ciri khas demokrasi Indonesia yang bermartabat. 

4. Memperkuat gerakan nilai-nilai moderasi beragama, serta membangun masyarakat yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong. 

5. Menyuarakan isu-isu strategis nasional dan internasional serta berperan aktif dalam membangun masyarakat, bangsa, dan negara menuju Indonesia Emas 2045.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement