RSUD Bandung Kiwari Tunggu Vaksinasi Booster Kedua bagi Nakes

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin

RSUD Bandung Kiwari Tunggu Vaksinasi Booster Kedua bagi Nakes (ilustrasi).
RSUD Bandung Kiwari Tunggu Vaksinasi Booster Kedua bagi Nakes (ilustrasi). | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung Kiwari masih menunggu petunjuk kegiatan vaksinasi booster kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) di tengah kenaikan kasus Covid-19. Diharapkan kegiatan vaksinasi booster kedua ini dapat segera dilaksanakan untuk mencegah penyebaran kasus.

"Sebaiknya iya (secepatnya), terlindungi lebih aman dan murah daripada mengobati.  Mengobati harus istirahat," ujar Plt Direktur RSUD Bandung Kiwari Taat Tagore saat dikonfirmasi, Ahad (31/7/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan sejauh ini pihaknya belum mendapatkan petunjuk dari Dinas Kesehatan Kota Bandung terkait pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk nakes. Taat mengatakan pihaknya biasa diundang terlebih dahulu untuk diberitahu tentang risiko vaksin booster. "Petunjuk dari dinas belum ada, kapan mau mulai. Biasa diundang dulu dengan berbagai risiko booster apa," katanya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung tengah mengumpulkan data tenaga kesehatan (nakes) pada fasilitas kesehatan untuk segera divaksin booster yang kedua kali. Vaksinasi dilakukan mengingat penyebaran Covid-19 saat ini mengalami kenaikan signifikan.

"Belum, untuk vaksinasi booster nakes dosis dua kami masih dalam proses koordinasi," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Ira Dewi Anjani, Ahad (31/7/2022).

Ia menuturkan koordinasi dilakukan ke pemerintah pusat, lintas program, dan sektoral. Proses koordinasi akan membahas tentang pendataan sasaran nakes, kebutuhan logistik, pelaksanaan dan pencatatan, serta pelaporan."Dosis keempat nakes harus disesuaikan dengan dosis ketiganya," ungkapnya.

Pada bulan Agustus, ia melanjutkan dinas kesehatan turut melaksanakan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) dan anak sekolah (BIAS)."Bulan Agustus ini kami ada BIAN, BIAS, vaksinasi rutin," katanya. Selain itu vaksinasi Covid-19 pada akhir Agustus ditargetkan minimal 50 persen.

"Harus mengejar (cakupan) vaksinasi booster ketiga minimal 50 persen di akhir Agustus, sehingga semua harus direncanakan dengan baik," katanya.

Terkait


Penonton Persib Vs Madura United di GBLA Wajib Sudah Divaksinasi Booster

Kota Mataram Targetkan 7.000 Tenaga Kesehatan Dibooster Kedua

Dukung Booster Kedua Nakes, IDI: Tetap Taat Prokes

Jumlah Penerima Booster Kian Meningkat Seiring Kebijakan Wajib Vaksin

Masyarakat Diminta Inisiatif Tes Covid-19 Jika Rasakan Gejala

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark